Kelompok Anak Muda Asli Kamoro Laporkan Dua Orang Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

Bagikan Bagikan
Kelompok Anak muda asli Kamoro foto bersama usai melaporkan kasus dugaan pencemaran nama baik. (Foto: SAPA/Kristin)

SAPA (TIMIKA) - 
 Kelompok Anak Muda Asli Kamoro melaporkan dua orang berinisial AN dan MG atas dugaan pencemaran nama baik terhadap Suku Kamoro, Jumat (26/6/2020).

Laporan dilakukan di bagian Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Mimika.

Laporan tersebut berawal dari pihaknya mendapatkan hasil screenshot pembicaraan  di Messenger Facebook milik AN kemudian di screenshot dan disebarkan hingga sampai ke WhatsApp Grup Anak Muda Asli Kamoro pada Kamis (25/6/2020) kemarin.

Dalam screenshot percakapan tersebut, AN menuliskan "Tra tw diri memang kok, org kamoro mah gitu" kemudian dituliskan lagi "Tukang mabuk tra mampu, baru dong bkn diri pdhal ini, dong pu tanah sendiri tapi krna otak mati jdi dong yg dpt ksh, budak di kota sendiri makax, hnya bisa jualan trus jadi, nelayan sama hnya bisa jual, minuman trada skil yg lebih, habis itu dong mabuk balik
pukul maitua" adooh orang kamoro eeh"

Kemudian ada beberapa hasil percakapan lainnya melalui wall facebook dari AN yang dikomentari oleh MG.

Percakapan tersebut akhirnya beredar sehingga menimbulkan reaksi dari Kelompok Anak Muda Asli Kamoro.

Amandus Maroro selaku tokoh pemuda yang melaporkan AN dan MG mengatakan pihaknya tidak terima dengan apa yang dilakukan oleh AN dan MG sehingga pihaknya melaporkan kepada kepolisian.

"Kami akan tindaklanjutkan untuk yang bersangkutan bisa mempertanggungjawabkan apa yang dibuat," ujarnya.

Pemuda lainnya yakni, Leonardus Tumuka menyampaikan tiga poin dalam laporan tersebut. Pertama, pencemaran nama baik suku Kamoro yang dilakukan antara komunikasi dua orang.

"Kemudian yang kedua harga diri kita diinjak injak dengan adanya penyampaian bahwa Suku Kamoro tidak bisa itu masuk dalam stigma, itu juga masuk dalam upaya pembunuhan karakter secara rasis," katanya.

Kemudian yang ketiga adalah masuk dalam penghinaan terhadap suku, bukan individu per individu.

Sehingga laporan tersebut adalah mengenai pelanggaran Undanag - Undang ITE, Pencemaran nama baik, dan penghinaan.

"Suku Kamoro sudah terlalu lama diam. Ini hal yang penting sekali harus ditanggapi serius oleh polisi untuk memfasilitasi proses ini. Kami ada didukung oleh lembaga adat dan seluruh tokoh pemuda. Juga orang Kamoro kami akan bergerak untuk memastikan hak - hak orang Kamoro serta hal - hal yang berkaitan dengan pencemaran kami mau benahi semua," ujarnya.

Sementara itu mewakili perempuan Kamoro, Eta Takati menuturkan apa yang dilakukan oleh AN sebagai seorang perempuan membuat dirinya tersinggung.

"Mungkin dikatakan bahwa laki laki Kamoro suka mabuk, suka pukul bukan hanya untuk orang Kamoro tetapi semua juga begitu. Kalau menyatakan kami orang Kamoro saya pribadi sangat marah dan bertentangan dan saya juga mengalami hal yang sama. Saya juga ada masalah, saya tidak pernah bawa nama suku," tuturnya.

Apa yang dilakukan oleh AN dan MG juga mendapat respon dari pihak Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) yang mengutuk keras apa yang di lakukan oleh AN dan MG.

"Kalau masalah pribadi ke pribadi silahkan, tapi kalau namanya bawa satu suku lalu menghina suku suku yang lain, suku mana saja pasti tidak terima," kata Ketua Lemasko, Georgirus Okoare.

Ia meminta kepada pihak Polres Mimika segera memanggil AN dan MG untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Saya minta kepada polisi segera memanggil para pihak yang bersangkutan, kalau tidak apa yang disampaiakn oleh pemuda nanti saya akan arahkan supaya semua kumpul," tuturnya.

Usai melaporkan, akhirnya pihak Binmas Polres Mimika mengeluarkan surat panggilan terhadap AN dan MG untuk mengikuti mediasi pada Senin (29/6/2020) pukul 10.00 WIT di Kantor Polres Mimika. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

3 komentar:

  1. Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Gajitoto mempunyai promo New Member 20%, dan masih banyak lagi promomenariknya buruan, tunggu apa lagi hanya di Gajitoto.net yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di Gajitoto

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik net sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik net paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  3. Saya kekurangan kata-kata untuk keuntungan luar biasa yang Anda bantu saya hasilkan hanya dalam satu minggu, maaf saya ragu pada awalnya, saya menginvestasikan $ 200 dan mendapatkan $ 2.500 hanya dalam satu minggu, dan terus berinvestasi lebih banyak, hari ini saya sukses secara finansial, Anda bisa hubungi dia
    via email: claustradingsignal07@aol.com
    Via whatsapp: (+12166263236)
    Saya menyarankan Anda jangan ragu. Dia hebat.

    BalasHapus