Pasien Positif Covid-19 Bertambah Jadi 331, Sembuh Jadi 157

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Dalam waktu 24 jam di tanggal 13 Juni dilaporkan adanya penambahan satu spesimen baru yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil tes PCR yakni warga Kelurahan Kwamki Baru Distrik Mimika Baru dengan nomor registrasi 331 berinisial TMR seorang Laki-laki usia 10 tahun. 

Dengan demikian, kumulatif jumlah kasus positif covid-19 di Mimika hingga saat ini adalah 331 orang. 

Di hari yang sama juga dilaporkan adanya penambahan satu pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh yakni pasien dengan nomor registrasi 200 seorang Perempuan usia 31 tahun beralamatkan di Kelurahan Inauga Distrik Wania. Dengan adanya penambahan satu orang ini, maka jumlah pasien Covid yang sembuh hingga saat ini adalah  157 orang.

“Kita harus bersyukur karena Tuhan tetap memberikan kesehatan khsususnya seluruh Tim Medis kita, baik di RSUD, RSMM ataupun di RS Tembagapura. Kita juga bersyukur hingga saat ini tidak ada laporan terkait adanya pasien yang meninggal dunia,” ungkap Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, Reynold Ubra melalui Vidio conference yang difasilitasi Diskominfo pukul 20.00 WIT, Sabtu (13/6/2020).

Selain hal itu menurut dia, di tanggal 13 Juni juga tidak dilaporkan adanya temuan orang baru yang dinyatakan sebagai PDP. ODP baru yang dinyatakan sembuh dan selesai masa pantauan berjumlah 15 orang. OTG juga dilaporkan ada empat orang yang sembuh dan selesai dalam masa pantauan. 

Dari jumlah 1.561 spesimen yang telah diperiksa dan untuk pertama kalinya dinyatakan positif adalah hanya sebagian kecil saja yaitu 271 atau hanya 10 persen. 271 positif itu adalah spesimen yang ada pada pemeriksaan pertama. Selebihnya  331 kasus positif covid-19 itu ditemukan berdasarkan pemeriksaan berulang-ulang terutama pada kasus kontak erat.

“Kalau kita lihat dari sebaran orang yang melakukan pemeriksaan mulai dari bulan Maret di kasus pertama hingga hari ini, maka tren tertinggi berada di bulan April lalu. Dimana, diawal dari 11 spesimen terdapat tiga yang positif, kemudian dari tiga itu meningkat lagi menjadi 54 yang positif dari 191 spesimen yang diperiksa. Bulan mei, dari 910 spesimen, 174 spesimen diantaranya atau 19,12 persen jumlah positif. Masuk Minggu ke dua bulan Juni, jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 449 dan 40 diantaranya dinyatakan positif atau 8,91 persen,” ujarnya.

Reynold mengatakan, dari gambaran tersebut dilihat bahwa puncak jumlah kasus positif terbanyak dari tiga RS yang merujuk atau menemukan kasus positif adalah di bulan April. Kemudian cendrung menurun di minggu ke dua bulan juni. 

“Kita lihat di dua minggu ke depan bagaimana presentasi positif dari seluruh spesimen yang diperiksa di bulan Juni ini. Kemudian akan dibandingkan dengan hasil rapid massal yang nantinya akan dilakukan wilayah tertentu secara acak,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa hingga tanggal 13 Juni, jumlah RS yang paling banyak melakukan pemeriksaan spesimen terhadap orang yang terduga Covid adalah di RSUD Mimika dengan jumlah spesimen 1.011. Dari jumlah tersebut, yang dinyatakan positif adalah 114 atau 11,28 persen. 

Kedua adalah RS Tembagapura yakni dengan total spesimen adalah 425 spesimen dan 149 diantaranya dinayatakan positif atau 35,06 persen.

RSMM sebanyak 126 spesimen dan delapan atau 6,35 persen saja yang dinyatakan positif. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik net sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik net paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus