Perbaikan Dermaga Pomako Ditargetkan Rampung Oktober 2020

Bagikan Bagikan
Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Pomako Timika, Husni Anwar Tinota.(Foto-Antara/Evarianus Supar)

SAPA (TIMIKA) - Pekerjaan perbaikan dermaga Pelabuhan Pomako Timika, Papua, yang mengalami penurunan lebih dari dua meter kini masih terus berlangsung dan diharapkan bisa rampung pada Oktober 2020.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Pomako Timika, Husni Anwar Tinota kepada Antara di Timika, Sabtu, mengatakan proses perbaikan dermaga yang mengalami kerusakan itu tidak ada hambatan meskipun dalam tiga bulan terakhir wilayah Timika dilanda pandemi COVID-19.

"Pekerjaan perbaikan dermaga yang turun itu tetap dilakukan. Mudah-mudahan saja tidak ada kendala sehingga pekerjaan itu bisa selesai secepatnya," kata Husni.

Dermaga yang sedang diperbaiki itu yaitu salah satu satu sisi di dermaga lama Pelabuhan Pomako yang dibangun sejak akhir 1990-an.

Beberapa bagian tiang pancang dermaga mengalami penurunan sekitar dua meter menyebabkan sejumlah kapal besar maupun kapal penumpang PT Pelni (Persero) tidak bisa bersandar dan hanya bisa menurunkan dan menaikkan penumpang di dermaga baru yang terletak bersebelahan.

"Bagian yang turun itu di sisi kanan dermaga lama selama ini kami tutup atau sekat sehingga tidak ada aktivitas apapun di situ. Yang masih kami gunakan yaitu di sisi kirinya untuk bisa bersandar kapal-kapal kecil termasuk kapal perintis. Kalau sudah diperbaiki tentu akan dipergunakan kembali untuk bongkar muat barang maupun penumpang dari kapal-kapal," katanya.

Untuk pekerjaan perbaikan dermaga yang mengalami penurunan itu, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengalokasikan anggaran sebesar Rp23 miliar.

Fasilitas dermaga lama yang dibangun pada akhir era 1990-an itu mengalami penurunan sejak beberapa tahun terakhir.

Tidak semua fasilitas dermaga itu mengalami penurunan, hanya sekitar 10 meter dari total panjang sekitar 87 meter.

Kondisi itu, kata Husni, sangat rawan karena bisa saja sewaktu-waktu dermaga yang mengalami penurunan itu amblas ke sungai (Dermaga Pomako terletak di pinggir Sungai Pomako, Distrik Mimika Timur).

Saat ini sebagian besar aktivitas bongkar muat barang maupun penumpang di Pelabuhan Pomako baik dari kapal-kapal ekspedisi maupun kapal penumpang Pelni dilakukan pada lokasi dermaga baru dengan panjang 100 meter yang dibangun sekitar 2013 hingga 2014.(Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar