Banjir di Jalan Sp 6, Masyarakat Tidak Dapat Pergi Berjualan

Bagikan Bagikan
Suasana banjir di Jalan Sp 6 (Kandang Sapi) yang sudah mulai surut. (Foto : Istimewa)


SAPA (TIMIKA) - Banjir dialami oleh warga yang bermukim di Kampung Naena Muktipura, SP 6, Distrik Iwaka, tepatnya di Jalan utama yang menghubungkan akses Timika - SP 6. Atau masyarakat sering menyebutnya area Kandang Sapi.

"Jalan itu masyarakat biasa menyebutnya jalan Kandang Sapi, itu merupakan akses untuk bisa ke Sp 6. Sudah beberapa hari ini hujan sehingga banjir terjadi," jelas Kepala Kampung Naena Muktipura Sp 6, Musa Indra Wadibar, S.I.P, kepada Salam Papua, Senin (27/7/2020).

Musa menjelaskan, lokasi tersebut sering banjir dikarenakan drainase untuk menampung air tidak pernah digali.

"Sudah bertahun-tahun selalu seperti itu, kalau hujan pasti banjir. Di sana ada kali kemudian air yang dari dalam kali tersebut tidak mampu menampung akhirnya airnya meluap ke jalan besar. Ini sudah agak surut siangnya tapi kalau hujan lagi, berarti airnya kembali meluap lagi, begitu seterusnya" katanya.

Dia mengaku, banjir terjadi biasanya setinggi pinggang orang dewasa sehingga akses motor maupun mobil tidak bisa melewati jalan tersebut akibatnya Menghambat aktifitas warga yabg notabene adalah penjual di Pasar Sentral Timika.

"Karena kalau banjir, masyarakat di sini pada umumnya profesinya adalah petani yang biasa berjualan sayur di Pasar, sehingga sudah beberapa hari ini mereka tidak bisa membawa hasil panen karena banjir," ujarnya.

Pihaknya sebagai aparat Kampung juga sedang memikirkan cara untuk menanggulangi situasi tersebut.

"Kalau dari kita untuk sementara ini belum ada tindakan cuma kami akan coba untuk pikirkan bagaimana caranya nanti ke depannya mencoba berusaha namun mungkin ada sedikit perhatian dari pemerintah yang lebih tinggi juga supaya aktifitas masyarakat bisa berjalan," tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar