Batas Usia Masuk SD Adalah Enam Tahun

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni O Usmani. (Foto: SAPA/Kristin)


SAPA (TIMIKA) -
Sesuai kalender pendidikan, pembukaan pendaftaran siswa baru TK hingga SMP, mulai dibuka tanggal 29 Juni hingga 11 Juli 2020.


"Kita berharap walaupun masa pandemi ini anak - anak bisa semua terdaftar karena meskipun tidak belajar tapi dia terdaftar karena datanya dimasukan berarti dia peserta belajar," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Jeni O Usmani, Kamis (2/7/2020).

Jeni menjelaskan sistem pendaftaran mengikuti beberapa jalur yakni Zonasi 50 persen, Afirmasi 20 persen, 20 persen prestasi dan 10 persen berdasarkan pekerjaan orang tua.

Sementara itu untuk usia anak yang masuk ke SD, tetap mengacu pada peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah minimal 6 tahun.

"Batas untuk masuk ke kelas 1 itu enam tahun , karena kalau misalnya dia punya bulan lahir bulan Agustus itu belum enam tahun sehingga belum bisa diterima," katanya.

Jeni mengatakan hal ini untuk perkembangan psikologi anak, sehingga orang tua harus paham bahwa mengapa anak harus sekolah SD di usia enam tahun.

Ia mengatakan, di zaman sekarang ini, karena adanya kecanggihan teknologi , orang tua sebenarnya bukan untuk anak, tapi untuk prestisi orang tuanya yang mau cepat kasih sekolah anak sementara orang tua tidak sadar bahwa perkembangan motorik anak itu akan terganggu.

"Coba bayangkan kalau mangga muda dipaksa untuk masak, rusak atau tidak? Nah orang tua harus sadar itu, karena perkembangan motorik itu harus ditentukan sesuai dengan umurnya," tuturnya. (Kristin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar