Bupati Mimika Dinilai Membangkang UU Otsus Papua

Bagikan Bagikan
Yohanes Feliks Helyanan dan Alfian Akbar Belyanan (Foto: SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA) – DPC PDI-P Mimika sayangkan tidak adanya keterwakilan Perempuan Orang Asli Papua (OAP) dalam jabatan yang telah dirolling tanggal 17 Juli lalu.

Hal ini dinilai sebagai bukti bahwa Bupati Mimika membangkang terhadap Undang-undang Otsus Papua serta  tidak pro terhadap anak asli OAP ataupun Amungme, Kamoro dan tujuh suku kekerabatan.

“Tidak menempatkan perempuan dalam jabatan struktural ini sebagai bukti bahwa secara terang-terangan Bupati Membangkang UU Otsus. Itu terbukti bahwa Bupati tidak pro terhadap anak-anak asli,”  ungkap Sekretaris DPC PDI-P Mimika, Alfian Akbar Belyanan yang  mendampingi Ketua DPC PDI-P Mimika, Yohanes Feliks Helyanan saat menggelar jumpa pers di Grand Tembaga Hotel, Minggu (19/7/2020).

Sebelumnya, Ketua DPC PDI-P Mimika, Yohanes Feliks Helyanan mengatakan, rolling jabatan yang telah dilakukan Bupati tersebut sangat disayangkan. Selain karena tidak melibatkan Wakil Bupati, Yohannes Rettob, nama-nama yang dibacakan untuk menempati jabatan sama sekali tidak ada keterwakilan perempuan asli Papua khususnya Amungme dan Kamoro.

Padahal menurut dia, banyak Putra daerah yang memiliki reputasi bagus dan latar belakang pendidikan yang baik, tetapi saat ini hanya bisa menjadi staf biasa dan yang diutamakan adalah saudara-saudara yang dari luar.

“Contoh bagus adalah lelang jabatan Sekda sempat dipending karena tidak ada keterwakilan perempuan. Sekarang pada saat rolling, keterwakilan perempuan khusus Amungme dan Kamoro dan Papua umumnya tidak mendapatkan kesempatan. Padahal  ada Ibu Nela Manggara sebagai perempuan pintar,  Elisabeth Cenawatin dan Berta Beanal. Tapi kenapa perempuan-permpuan ini hanya jadi staf biasa?,” katanya.

Dijelaskan, ia harus menyuarakan hal ini lantaran telah banyak putra-putri daerah yang menyuarakan hal itu padanya. Selain itu, sebagai partai pengusung, DPC PDI-P juga dipertanyakan dari Provinsi dan Pusat terkait keluhan Wakil Bupati. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus