Dalam Bulan Juli Polres Mimika Berhasil Tangkap 20 Tersangka, Terbanyak adalah Kasus Pencurian

Bagikan Bagikan
Suasana jumpa pers di Kantor Pelayanan Polres Mimika. (Foto:SAPA/Kristin)


SAPA (TIMIKA) - Dalam bulan Juli tahun 2020 ini, Polres Mimika telah berhasil mengamankan 20 tersangka pelaku tindak kejahatan.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK yang didampingi oleh Kabag Ops AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan, Kasat Reskrim AKP Hermanto, Kasat Resnarkoba AKP Mansur, dan Kasat Lantas Iptu Devrizal, pada jumpa pers, Kamis (30/7/2020) di Kantor Pelayanan Polres Mimika.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, SIK menjelaskan 20 tersangka tersebut terdiri dari enam tersangka ditangani Satres narkoba, kemudian 14 lainnya dari Reskrim.

"Ada 14 tersangka yang sudah kita amankan, terkait dengan penyakit masyarakat yang marak dalam waktu satu bulan ini, dan setiap bulannya kami akan rilis dan menyampaikan kepada masyarakat terkait kejahatan-kejahatan yang berhasil diungkap oleh Polres Mimika," ujar Kapolres.

Adapun kasus-kasus di dalam bulan Juli ini yang berhasil diungkap yakni pencurian alat musik gereja di Mile 32 dan tersangkanya telah berhasil diamankan.

Kemudian beberapa minggu lalu telah marak juga pencurian dengan kekerasan ada juga dengan modus memecahkan kaca mobil itu juga sudah berhasil diamankan.

Ada pula kasus pencurian dengan kekerasan yakni pencurian motor dimana Polres Mimika telah berhasil mengamankan sekitar 10 motor.

"Motor itu ada yang dicuri, ada yang dirampas dan kita amankan sekitar enam pelaku. Dua pelaku curanmor, dua begal dan kita amankan juga dua penadahnya," serunya.

Selain itu, polisi juga telah mengungkap kasus pencurian di Pomako, yakni di mobil yang sedang diparkir, yang di dalamnya ada uang senilai lebih dari Rp. 115 juta yang uang tersebut dipakai pelaku untuk membeli emas, motor dan HP.

Polres Mimika juga mengamankan tersangka dengan kasus penggelapan sebesar Rp. 78,5 juta yang dilakukan oleh salah satu karyawan perusahaan.

"Ini dana dari ADD distrik Jila  dan kita berhasil ungkap," ujarnya.

Kapolres menambahkan, Polres juga telah berhasil mengamankan satu tersangka kasus pengedaran narkotika golongan satu dan juga para tersangka penjual minumal keras lokal.

"Kemudian terkait dengan komitmen kita dalam pemberantasan minuman keras, kita mengamankan kurang lebih ada enam TKP. Di masing-masing TKP itu kita amankan para tersangka yang rata-rata adalah penjual minuman keras ilegal atau lokal," katanya.

Kapolres pun meminta dukungan dari masyarakat untuk bisa mengoreksi Polres Mimika, apa yang harus diperbaiki ke depannya.

"Ini keberhasilan dari Polres Mimika, namun semua keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari bantuan masyarakat, dan ini masih belum maksimal. Menurut saya masih belum maksimal karena masih banyak tindak pidana lain yang belum kita ungkap. Saya ucapkan terima kasih kepada tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat yang telah membantu memberikan informasi kepada pihak kepolisian", tutupnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar