Danrem 174 Merauke Puji Kekompakan TNI-Polri Di Mimika

Bagikan Bagikan
Danrem 174-ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko. (Foto-Antara/Evarianus Supar)

SAPA (TIMIKA) - Komandan Korem 174 Anim Ti Waninggap/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memuji kekompakan para prajurit TNI AD dengan anggota Polri di wilayah Kabupaten Mimika sebagai modal utama dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif di wilayah itu.

"Saya bersyukur bahwa khusus di wilayah Mimika ini sinergitas, soliditas dan kekompakan antara TNI dan Polri sangat saya apresiasi karena berjalan dengan sangat baik. Tentu ini harus terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sinergitas dan kerja samanya sehingga situasi kamtibmas di Mimika benar-benar aman, damai dan kondusif," kata Brigjen Nawoko pada Kamis.

Danrem meminta aparat dari kedua institusi tersebut terus menjalin komunikasi yang lebih baik. Bila perlu, katanya, setiap prajurit TNI dan Polri masing-masing menganggap rekan dari institusi lainnya sebagai saudara.

"Kalau semua prajurit TNI dan Polri menganggap diri mereka sebagai saudara, saya yakin akan terjadi hubungan batin yang kuat diantara prajurit. Biasanya konflik atau permasalahan itu terjadi karena tidak saling mengenal satu dengan yang lain," ujar Brigjen Nawoko yang menjabat Danrem Merauke sejak 9 April 2020 menggantikan Brigjen Agus Abdurrauf.

Jika terjadi benturan diantara prajurit di lapangan, katanya, itu hanyalah perbuatan oknum dan merupakan insiden biasa, bukan by desain.

"Secara kelembagaan kita sudah uji dan buktikan bahwa sinergitas antara TNI dan Polri itu sudah terjalin kuat. Untuk menjaga keamanan Mimika, Papua maupun Indonesia, tidak bisa dikerjakan seorang diri apakah TNI saja atau Polri saja, tidak bisa. Artinya sinergitas dan kekompakan itu harus terjalin," ujar Brigjen Nawoko.

Selain dihadapkan pada musuh bersama yaitu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang kerap mengganggu keamanan di wilayah Mimika dan Papua pada umumnya, aparat TNI dan Polri serta semua komponen setempat, katanya, juga kini mendapat ancaman dari musuh yang tidak kelihatan yaitu pandemi COVID-19.

Danrem berharap seluruh masyarakat Mimika, termasuk aparat TNI dan Polri benar-benar memperhatikan protokol kesehatan agar tidak terpapar COVID-19.

Di sela-sela kunjungan kerja ke Mimika pada Rabu (1/7), Danrem Merauke menyempatkan diri datang ke Polres Mimika untuk memberikan ucapan selamat HUT Bhayangkara ke-74 kepada seluruh jajaran Polri di Mimika.

Danrem Merauke didampingi Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan menumpang kendaraan panzer milik Detasemen 3 Kaveleri Srigala Ceta datang ke Mapolres Mimika sambil membawa kue ulang tahun untuk diberikan kepada Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar