Disdik Mimika Launching Pembukaan Tahun Ajaran Baru Dalam Masa Pandemik Covid-19

Bagikan Bagikan
Suasana kegiatan pembukaan tahun pelajaran baru 2020/2021



SAPA (TIMIKA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika menggelar Launching pembukaan tahun ajaran baru 2020/2021.

Kegiatan dilaksanakan di Halaman SMPN 2 Mimika, Senin (20/7/2020) dengan  mengambil tema ''Terwujudnya Mimika Cerdas Selalu Era Baru Penanganan Pendidikan Menuju Generasi 4.0".

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, Plt. Sekda Mimika Marthen Paiding, Kepala Disdik Mimika, Jeni O Usmani, dan beberapa pejabat daerah serta  jajaran kepala sekolah.

Jeni O Usmani dalam sambutannya melaporkan sistem pembelajaran yang berlaku di Kabupaten Mimika dalam masa pandemik Covid - 19 yaitu pembelajaran jarak jauh sesuai petunjuk Bupati Mimika di antaranya Google Classroom, WhatsApp, Guru Kunjung.

Berdasarkan identifikasi satuan pendidikan dari ketiga model pembelajaran di atas maka didapatkan hasil sebagai berikut Bidang TK/PAUD Jumlah sekolah 104 (negeri : 17, swasta : 87).

"Jumlah Peserta Didik 5.629, Daring 56 Sekolah, luring 22 sekolah, Guru Kunjung 26 sekolah," kata Jeni.

Kemudian untuk Pendidikan Kesetaraan berjumlah Jumlah 22 PKBM dengan Jumlah peserta Didik adalah 3.791, dimana metode daring 12 PKBM, guru kunjung sebanyak 10 PKBM.

Selanjutnya bidang SD jumlah sekolah adalah 136 yang terdiri dari sekolah negeri 61, swasta 72, MI 3 sekolah, dimana jumlah peserta didik 34.932.

Dengan model pembelajaran Google Classroom sebanyak 10.477 peserta (30 %), WhatsApp 7.514 (21,5 %), guru kunjung sebanyak 16,942 (48,5 %).

Bidang SMP, jumlah sekolahnya 58 yang terdiri dari sekolah negeri 29, swasta 28, Mts sebanyak 1 sekolah. Jumlah siswa sebanyak  10.244.

Dimana model pembelajaran yang digunakan  Google Classroom sebanyak 2.353 peserta didik (23%), WhatsApp, 4.270 peserta didik (41.7%), Guru Kunjung 3.621 peserta didik (35.3%).

Jumlah peserta didik formal (TK/PAUD, SD, SMP) adalah 50.805, Jumlah peserta didik nonformal (PKBM) adalah 3.791, kemudian  Jumlah total peserta didik adalah 54,596.

"Pembelajaran tatap muka di Kabupaten Mimika akan diberlakukan apabila Sudah ada ijin dari Bupati, Satuan pendidikan sudah memenuhi persyaratan protokol, kesehatan dan siap melakukan pembelajaran tatap muka," ujarnya.

Kemudian kata Jeni, Orang tua wali murid menyetujui putra atau putrinya melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan Jika salah satu syarat tersebut belum terpenuhi, maka peserta didik, melanjutkan belajar dari rumah secara penuh.

"Dimasa pandemik ini saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga sekolah sehingga semua warga sekolah wajib taat instruksi yang di sampaikan Bapak Bupati," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jeni menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Mimika dan para pihak yang telah mendukung pendidikan dalam rangka menuju Mimika Cerdas.

"Kepada para guru-guru, tenaga kependidikan, Komite Sekolah, orang tua siswa dan para siswa sekalian saya ajak kita tetap sehat dan semangat dalam mensukseskan Kabupaten Mimika menjadi kabupaten yang dapat menciptakan generasi smart," tuturnya.

Selanjutnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya menyampaikan dirinya menyambut baik pembelajaran di Mimika melalui pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran covid 19 di
sekolah.

"apa yang dilakukan dinas pendidikan dengan metode pembelajaran ini, dapat di terapkan, sehingga bisa mewujudkan Mimika cerdas," serunya.

Ia mengatakan perlu disyukuri bahwa tangan Tuhan selalu bekerja untuk kita saat ini untuk mewujudkan Mimika cerdas dan juga mencegah terjadinya cluster baru covid 19 di sekolah.

"untuk itu kepada bapak dan ibu kepala sekolah dan guru-guru memastikan anak-anak tetap belajar dari rumah melalui online atau guru kunjung," katanya.

Bupati mengatakan pendidikan adalah layanan dasar kepada WARGA negara untuk itu dirinya mengajak untuk memastikan layanan itu dirasakan oleh masyarakat dalam rangka menuju Mimika cerdas.

"besar harapan saya para pendidik tetap sehat dan semangat dalam melayani anak-anak kita," tuturnya.

Dalam acara pembukaan tahun ajaran baru tersebut ditandai dengan acara pelepasan balon sebagai tanda bahwa pembelajaran baru telah dimulai. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback,
    anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%,
    tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di QQHarian

    BalasHapus