Kapolda dan Pangdam Papua Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Makodim di Distrik Gome Puncak

Bagikan Bagikan
Suasana kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Makodim. (Foto: Humas Polda Papua)


SAPA (TIMIKA) - Mempersiapkan pembangunan Makodim di Distrik Gome Kabupaten Puncak, Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII Cenderawasih  Mayjen TNI Herman Asaribab menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Makodim Kabupaten Puncak, Senin (20/7/2020).

Turut hadir dalam kegiatan yakni Bupati Kabupaten Puncak Willem Wandik, Ketua DPRD Kabupaten Puncak, Pejabat Utama Polda Papua, Pejabat Utama Kodam XVII/Cenderawasih, Kapolres Puncak, Dandim Kabupaten Puncak, Danrem 173/Praja Vira Baja, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Puncak, Tim Penggerak PKK Kabupaten Puncak dan Para pimpinan organisasi perangkat Daerah Kabupaten Puncak.

Dalam rilis yang diterima Salam Papua, Selasa (21/7/2020) Bupati Puncak, Willem Wandik dalam kesempatannya mengatakan atas nama Bupati Kabupaten Puncak dan masyarakat Kabupaten Puncak menyampaikan terima kasih kepada TNI-Polri dan lebih khusus Presiden Republik Indonesia karena mau memperhatikan dan memberi pembangunan di Kabupaten Puncak.

"Kehadiran Makodim di Distrik Gome ini tidak lain untuk membantu seluruh permasalahan dan kesulitan masyarakat di Distrik Gome dan juga pembangunan Makodim di Distrik ini juga akan membantu meningkatkan Perekonomian karena tanaman dari masyarakat sekitar akan dibeli oleh anggota nantinya," ujar Bupati.

Pembangunan Makodim ini juga, katanya merupakan suatu kewajiban karena sudah seharusnya setiap Kabupaten  memiliki satu Kodim dan satu Polres untuk membantu mengamankan situasi di Kabupaten tersebut.

Selanjutnya Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan Kabupaten Puncak dengan perlahan.

"Kami pihak TNI Polri sangat membutuhkan bantuan semua pihak yang ada di Kabupaten Puncak untuk bersama - sama menjaga keamanan situasi di Kabupaten Puncak," serunya.

Kodim dan Polres kata Kapolda, hadir di Kabupaten Puncak dalam rangka mendukung  keamanan di Kabupaten Puncak juga untuk membantu menyelesaikan setiap permasahan dan melayani seluruh masyarakat Kabupaten Puncak.

"Pesan saya kepada seluruh orang tua agar memerintahkan anak-anak Kabupaten Puncak untuk tetap sekolah dan mencari ilmu setinggi-tingginya agar nantinya menjadi generasi emas yang pantas menggantikan kami-kami ini para pemimpin yang sebentar lagi akan pensiun," ujarnya.

Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan peletakan batu pertama pembangunan ini semua atas izin dari Bupati dan Tokoh agama serta tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Puncak.

"Saya selaku Pangdam XVII/Cenderawasih mewakili Panglima TNI mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya karena Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Bupati serta seluruh stakeholder dan masyarakat di Kabupaten Puncak memberi kami izin untuk mendirikan Makodim di Distrik Gome Kabupaten Puncak Ini," serunya.

Pangdam mengatakan, Secara organisasi di wajibkan adanya Polres, Kodim, Kejaksaan dan pengadilan, hal tersebut juga mendasari pihaknya untuk pembangunan makodim di Kabupaten Puncak.

Dengan adanya Polres dan Kodim disini dirinya merasa dapat membantu perkembangan perekonomian masyarakat Distrik Gome yang mana nantinya akan ada prajurit TNI /Polri yang akan membeli kebutuhan hidup mereka seperti sayur dan buah-buahan  yang mama-mama tanam, hal itulah yang dapat memberikan pemasukan kepada masyarakat Distrik Gome dan membantu perekonomian Distrik Gome.

Dengan adanya anggota TNI/ Polri disini juga dapat membantu perkembangan Pendidikan dan Kesehatan yang mana anggota TNI/ Polri bisa menjadi guru dan juga anggota kami ada juga Dokter yang dapat membantu Masyarakat. 

"Kabupaten Puncak merupakan Kabupaten tertinggi yang ada di Indonesia oleh sebab itu kita harap Kabupaten Puncak juga bisa memiliki Perguruan Tinggi," tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar