PT Freeport Indonesia Laksanakan Berbagai Program bagi Percepatan Pembangunan di Wilayah Timur Mimika

Bagikan Bagikan
PTFI Dukung Percepatan Pembangunan di Wilayah Timur Mimika (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – PT Freeport Indonesia (PTFI) melaksanakan berbagai program dalam upaya mendukung percepatan pembangunan di wilayah Timur Mimika. Program-program ini dilakukan melalui kolaborasi dengan pihak pemerintah daerah, lembaga adat dan organisasi keagamaan.

Dalam rilis yang diterima Salam Papua, Selasa (28/7/2020), Nathan Kum, VP Community Development PTFI mengatakan, di tengah adaptasi kebiasaan baru ini, yang biasa disebut “new normal”, PTFI menunjukkan komitmennya sesuai amanah dalam dokumen AMDAL 300K tahun 1997, terus membangun wilayah Timur Mimika agar masyarakat di area tersebut dapat juga merasakan manfaat dari keberadaan perusahaan.

“Adaptasi kebiasaan baru tidak menghambat upaya kami untuk terus melakukan aktivitas pengembangan. Dengan berbagai penyesuaian, kami tetap teguh memproyeksikan hasil jangka panjang yang dapat dicapai dari program-program ini, yakni memandirikan masyarakat di wilayah Timur dan membantu mereka berkontribusi lebih terhadap pergerakan ekonomi serta sosial di Mimika”, ungkap Nathan, yang menangani bidang pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar area kerja PTFI tersebut.


Program-program yang telah dan sedang dilakukan PTFI di antaranya, memfokuskan program pembangunan pada perlindungan sosial masyarakat dari dampak pandemi, misalnya dengan memasok kebutuhan logistik dan fasilitas kesehatan, serta memberi edukasi kebersihan dan kesehatan.

Di bidang perikanan dan pertanian,  PTFI berkolaborasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Keuskupan Mimika berupaya menjadikan kampung Omawita, Fanamo, dan Otakwa sebagai pusat transportasi dan ekonomi Mimika Timur, serta membentuk Koperasi Maria Bintang Laut yang dikelola Keuskupan Mimika yang menyediakan fasilitas penjualan produk pertanian serta berbagai kebutuhan pendukung kegiatan pertanian lainnya.

Nathan mengaku, PTFI terus bermitra dengan Pemkab Mimika menyediakan fasilitas transportasi bagi masyarakat di Mimika Timur untuk beraktivitas di wilayah barat Mimika.

“Sesuai dengan peta jalan yang telah kami rancang bersama pemerintah, pengembangan wilayah Timur Mimika ini akan terus dilakukan selama beberapa tahun ke depan”, ujar Nathan.

Di sektor kesehatan dan pendidikan, PTFI berkolaborasi dengan YPMAK menyediakan layanan kesehatan gratis berupa klinik terapung dan beasiswa pendidikan bagi anak-anak di sejumlah desa.


Vebian Magal, Direktur Eksekutif YPMAK berharap, kolaborasi yang dilakukan antara PTFI dan YPMAK tersebut dapat memberi dampak jangka panjang bagi pemerataan pembangunan di Mimika.

“Kami percaya, pembangunan ekonomi dan sosial yang PTFI dan YPMAK lakukan dapat menjadi solusi jangka panjang pemerataan pembangunan di Mimika”, harap Vebian. (Jiru)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Hanya di qqharian website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!!
    Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain dan dapatkan macam bonus promo.
    Ingin membuktikannya ???
    Langsung gabung bersama kami, Di QQHarian

    BalasHapus