PT Freeport Indonesia Memperpanjang Masa Cuti Karyawannya

Bagikan Bagikan
Pelaksanaan rapid test bagi karywan yang cuti (Foto:Istimewa)


SAPA (TIMIKA) – Kurang lebih sejak dua bulan lalu, massa off dan cuti bagi seluruh karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) diperpanjang.

Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 PTFI, Jhoni Lingga menjelaskan, rosternya saat ini adalah 12:4, 12 minggu kerja dan empat minggu off.

“Itu berarti cuti selama satu bulan dan sudah diberlakukan  kurang lebih dua bulan lalu. Misalnya kalau sudah kerja selama 12 minggu berturut-turut, maka karyawan tersebut akan cuti selama sebulan,” kata Jhoni saat dihubungi Salam Papua melalui sambungan telepon, Sabtu (25/7/2020).

Untuk karyawan yang melakukan cuti ke luar Timika hanya melalui rapid test. Sebab, untuk yang cuti keluar tersebut tidak lagi singga di Timika, tetapi langsung terbang ke daerah tujuannya masing-masing seperti Jakarta, Makassar, Surabaya dan beberapa daerah lainnya.

Jhoni mengaku, hingga saat ini semua karyawan PTFI di wilayah Tembagapura tidak pernah dilarang untuk turun ke Timika. Namun, syaratnya tidak cukup hanya dengan rapid test saja, tetapi harus melalui pemeriksaan swab atau PCR. Memo yang dikeluarkan di tanggal 21 Juli itu untuk menegaskan bahwa PTFI mengikuti  putusan Pemkab Mimika, di mana karyawan yang akan turun ke Timika adalah yang hasil PCRnya negatif.

Untuk karyawan yang dinyatakan negatif berdasarkan tes PCR, ketika sampai di Timika langsung diperiksa oleh KKP Mimika terkait surat keterangan kesehatannya. Selanjutnya, setiap karyawan diimbau untuk tetap mematuhi ketentuan PSDD yang telah dikeluarkan Pemkab Mimika.

“Itu memang  benar memo yang dikeluarkan oleh perusahaan, karena waktu putusan PSDD oleh Pemkab Mimika. Dalam PSDD itu juga tidak disebutkan bahwa tidak boleh orang dari Tembagapura untuk turun ke Timika. Memang sebelum putusan PSDD itu dikeluarkan, kita hanya merujuk pada hasil rapid test saja, tapi sampai sekarang harus tes swab. Intinya kami di wilayah PTFI sangat mengikuti ketentuan yang dikeluarkan Pemkab Mimika,” ungkapnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Tdak berlaku untuk semua karyawan,, schedule 12,4 itu

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus