Satu Orang Meninggal Dunia, Warga yang Dievakuasi ke Timika Desak Pemkab dan PTFI Pulangkan Mereka

Bagikan Bagikan
Jenazah almarhum saat diangkut Ambulence dari RSMM menuju rumah duka di SP2 (Foto:Istimewa)


SAPA (TIMIKA) – Seorang warga asal kampung Opitawak distrik Tembagapura yang ikut dievakuasi ke Timika atas insiden penyerangan KSB beberapa waktu lalu dilaporkan telah meninggal  dunia.

Meninggalnya pria lanjut usia yang diketahui bernama Kapok Omabak ini sontak menimbulkan duka yang mendalam bagi keluarga serta seluruh warga tiga kampung lainnya yang juga dievakuasi yaitu warga Waa, Banti dan Kimbeli.

Tokoh masyarakat asal kampung Opitawak, Natan Omabak mengatakan, sejak dievakuasi ke Timika, almarhum Kalok serta seluruh warga lainnya tidak memiliki tempat tinggal, sehingga harus menumpang di kos-kosan keluarga. Namun, sejak saat itu, Almarhum mulai mengalami sakit, tetapi tidak bisa menjalani pengobatan hingga akhirnya menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 26 Juli di RSMM.

“Almarhum sempat berpesan bahwa kalau dia dipanggil Tuhan, maka harus dimakamkan di kampung kelahirannya di Opitawak,” ungkap Natan kepada Salam Papua, Selasa (28/7/2020).

Menurut dia, selain almarhum Kalok Omabak, saat ini di antara sekian banyak warga tiga kampung yang dievakuasi itu juga terdapat orang tua yang sedang dalam kondisi tidak sehat.

“Yang lansia itu sudah mulai banyak yang sakit-sakitan. Itu karena mereka tidak betah dan tidak cocok tinggal di Timika, karena bukan tempat kelahiran mereka. Padahal kalau di kampung sendiri, meski sudah lansia, mereka tetap produktif jalani aktivitas berkebun dan yang lainnya, sehingga mereka selalu sehat,” tuturnya.


Atas meninggalnya Kalok Omabak, tokoh Pemuda kampung Banti, Obeth Natkime bersama tiga kepala kampung serta seluruh warga mendesak Pemkab Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI) agar memfasilitasi kepulangan mereka ke kampung masing-masing di Tembagapura. Sebab, sejak warga tiga kampung ini dievakuasi ke Timika, hingga saat ini tidak mendapatkan perhatian dari Pemkab maupun PTFI.

“Kalau memang situasi di kampung sudah kondusif, maka tolong fasilitasi kepulangan warga kami, karena mereka tidak punya tempat tinggal di Timika. Kami juga tidak ingin orang tua kami yang telah lansia alami hal yang sama dengan almarhum Kalok Omabak. Mohon Pemkab dan PTFI pertimbangkan hal ini,” ujar Obet. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

3 komentar:

  1. Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang qqharian mempunyai promo Welcome cashback,
    anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%,
    tunggu apa lagi hanya di qqharian yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di QQHarian

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  3. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus