Sering Hujan dan Air Meluap ke Dalam Rumah, Warga Diminta Selalu Waspada

Bagikan Bagikan


 
Sungai Yang Meluap dan Masuk Pemukiman Warga. (Foto: SAPA/Jefri Manehat)
SAPA (TIMIKA) – Intensitas hujan yang cukup tinggi yang mengguyur Kota Timika dan sekitarnya mengakibatkan meluapnya air dari sungai ke pemukiman warga di kampung  Hiripau Distrik Mimika Timur, Mimika- Papua.

Kepala Kampung Hiripau, Andreas Kaokapaitiparo mengatakan, air yang meluap akibat hujan dan masuk ke pemukiman warga ini, sudah terjadi sejak sepekan lalu.

Kepada wartawan, Selasa (28/7/2020) Andreas mengungkapkan sebanyak 3 RT yang terkena dampak dari meluapnya sungai terhitung sebanyak 17 rumah.

Dikatakan, tinggi air hanya mencapai pergelangan kaki, dan tidak memakan korban dan juga harta benda, namun warga tetap diminta untuk waspada ketika hujan deras.

Namun ketika hujan terus menerus dan air meluap semakin besar, ia mengaku tidak ada jalan keluar selain mengamankan diri ke keluarga yang tidak terkena dampak.

Kejadian ini, kata Andreas bukan baru kali pertama, namun hampir setiap tahun selalu terjadi (meluap air), dimana keadaan terparah terjadi pada tahun 2013 silam.

"Kami sudah sampaikan ke Pemerintah Kabupaten Mimika untuk melakukan normalisasi sungai atau membangun penahanan pada tiap tepi- tepi sungai, tapi sampai sekarang belum terakomodir permintaan kami, " kata Andreas. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar