Uang yang Dicuri di dalam Mobil yang Terparkir di Pomako Ternyata Dana ADD

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)


SAPA (TIMIKA) - Polisi mengamankan LOR (28) dan A (38), pada 8 Juli 2020 lalu di wilayah Pelabuhan Pomako dimana kedua pelaku tersebut mencuri uang Rp115 juta yang ternyata adalah Alokasi Dana Desa (ADD) Kampung Noema, Distrik Jila, Kabupaten Mimika.

"Iya uang tersebut adalah ADD dari distrik Jila," kata Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto dalam jumpa pers, Kamis (30/7/2020).

Dijelaskan usai dicuri, pelaku lalu memakai uang tersebut sekitar Rp. 70 jutaan untuk membeli tiga buah handphone, dua unit sepeda motor, kalung emas seberat 5.13 gram dan 5,14 gram, serta satu buah mata kalung ukuran 23 K.

"Modusnya tersangka mengikuti korban setelah dari Bank Papua sampai ke Pomako," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan korban, dirinya bersama bendahara kampung dan operator mengambil uang ADD. Uang itu disimpan di tas ransel.

"Setelah ambil uang di bank, korban dan rekannya pergi membeli beberapa kebutuhan untuk dibawa ke kampung dengan menggunakan mobil sewaan," kata Kasat Reskrim.

Setelah semua kebutuhan terpenuhi, korban dan rekannya ini menuju Pelabuhan Pomako. Dimana, barang-barang kebutuhan yang sudah dibeli akan dibawa ke kampung dengan menggunakan perahu.

Sesampai di Pelabuhan Pomako, korban dan rekannya turun dari mobil untuk membeli sesuatu di kios. Sedangkan tas ransel berisikan uang Rp115 juta ditinggal di dalam mobil. Pelaku kemudian mengambil uang Rp115 juta milik korban dari dalam mobil.

Kasat Reskrim menjelaskan, pelaku sebenarnya ada 4 orang, namun untuk sementara yang berhasil diamankan adalah dua orang, sedangkan dua orang lainnya yang berinisial IMO dan Wani masuk sebagai DPO. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar