Warga Keluhkan Limbah Dapur PT. PJP yang Membusuk dan Dibuang ke Got

Bagikan Bagikan
Suasana pertemuan warga Dalil I bersama Ketua Komisi B DPRD, Rizal Pata’dan,ST


SAPA (TIMIKA) – Warga jalan Ahmad Yani jalur ke Airport yang bermukim di sekitar PT.PJP resah lantaran limbah dapur PT.PJB selalu dibuang ke got dan dibiarkan membusuk, sehingga menyebabkan polusi udara bagi warga sekitar.

Hal ini disampaikan oleh seorang warga di wilayah tersebut melalui aspirasinya pada pelaksanaan reses Ketua Komisi B DPRD Mimika, Rizal Pata’dan, ST di depan kompleks bekas Kuala Mall pukul 18.WIT, Senin (20/7/2020).

Warga yang namanya tidak mau dipublikasi ini mengatakan, jalur tersebut merupakan pintu keluar dan masuk ke arah Airport, sehingga sangat disayangkan ketika tamu melewati jalur itu, selalu menghirup udara yang membusuk. Mirisnya, di kompleks PT.PJP juga ada sekolah PAUD dan TK, yang mana polusi udara sangat mudah mempengarui kesehatan pernapasan anak-anak.

“limbah PT.PJP itu dibuang ke got saja sampai membusuk. Sering juga mereka kemas dalam kantong plastik dan ditinggalkan di pinggiran jalan, sehingga saat petugas sampah lupa mengangkut, maka kemasan itu akan membusuk. Ini sangat miris dan merugikan kami yang merupakan warga di wilayah itu,” katanya.

Selain terkait PT.PJP, warga juga berharap agar DPRD bisa berkoordinasi ke dinas terkait supaya mengatur TPS. Sebab, di wilayah tersebut tidak miliki TPS yang pasti, sehingga banyak sampah yang dibuang masyarakat secara bebas hingga ke pinggiran jalan protokol.

“Kami harapkan supaya anggota dewan koordinasi bersama dinas lingkungan hidup supaya memberikan sosialisasi kepada PT.PJP serta seluruh masyarakat agar tertib membuang sampah. TPS juga sangat perlu dibangun di wilayah itu,” ujarnya.

Menanggapi keluhan ini,Ketua Komisi B, Rizal Pata’dan mengatakan, aspirasi tersebut secepatnya didiskusikan bersama DLH. Namun,untuk persoalan sampah merupakan tanggungjawab bersama melalui kesadaran warga.

Persoalan TPS di wilayah tersebut merupakan tugas Kelurahan dan RT, karena dari Pemkab melalui DLH telah memberikan tugas yang disertai dengan bantuan armada khusus pengangkut sampah.

“Saya akan sampaikan hal ini ke DLH. Memang untuk limbah perusahaan termasuk perusahaan PT.PJP itu seharusnya tidak dibuang ke got, karena itu sangat merugikan lingkungan sekitar. Sampah-sampah di semua wilayah, saat ini harus keterlibatan Kelurahan dan RT, tapi semua harus didukung dengan kesadaran warga” kata Rizal. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  2. QQHarian Situs Betting Online Terpercaya,Terbaik & Terlengkap yang di dukung berbagai provider ternama di indonesia. Menang Berapapun lsg di bayar dgn proses maks. 2 menit Serta Menyediakan PROMO KALAH DI GANTI 100% guys. Info lebih lanjut kunjungi situs / Hub. CS kami dengan meng - CLICK DISINI :)

    BalasHapus