Bupati Kaimana, Putra Kamoro Itu Akhirnya Buka-Bukaan dan Sebut Nicolaas Kuahaty Pembohong Besar (1)

Bagikan Bagikan
Bupati Kaimana, Drs. Matias Mairuma (Foto diambil dari kaimanakab.go.id)

SAPA (TIMIKA) – Setelah sekian lama publik disuguhi dengan “butiran-butiran” informasi terkait status kepegawaian Nicolaas Kuahaty yang saat ini menjabat di Kabupaten Mimika, Bupati Kabupaten Kaimana, Drs. Matias Mairuma akhirnya “keluar dari sangkarnya.”

Bupati Kaimana mengungkapkan kepada Salam Papua melalui hubungan telepon pada Rabu malam (12/8/2020), bahwa dirinya sangat penting untuk menanggapi hiruk-pikuk yang terjadi di Kabupaten Mimika, terkait Nicolaas Kuahaty (sering dipanggil Nicky) yang masih aktif sebagai ASN di Kabupaten Kaimana namun sudah menduduki jabatan strategis di Kabupaten Mimika. Sebab Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan yang bertanggungjawab dengan status kepegawaian Nicky hingga saat ini masih Bupati Kaimana.

“Saya sebagai Bupati Kaimana penting sekali untuk menanggapi dinamika yang terjadi di Timika, terlepas dari hal-hal lain yang bukan menjadi urusan saya. Namun tentang pejabat eselon II kami (Nicolaas E. Kuahaty, red) yang di sistem administrasi kepegawaian masih tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil Pemda Kabupaten Kaimana, dengan jabatannya sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,” kata Matias.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kejelasan status Nicolaas Kuahaty, Bupati Kaimana menyampaikan dirinya sebagai keturunan atau putra suku Kamoro dan tentang latarbelakangnya.

“Perlu diketahui bahwa yang namanya marga Mairuma itu satu rumpun dengan marga Waterpauw dan lain-lain. Marga ini asal muasalnya dari suku Kamoro, yang turun ke Kaimana dan memenangkan pertarungan dalam sebuah peperangan sehingga menguasai wilayah tersebut yang disebut wilayah distrik teluk Etna. Kalau marga Mairuma saya berasal dari kampung Amar (Kabupaten Mimika, red),” ungkapnya.

Sejak tahun 1988 dirinya menyelesaikan studi di Universitas Cenderawasih. Setelah lulus, dia bergabung dengan Yayasan Pengembangan Masyarakat Desa di Jayapura, yang adalah LSM pertama di tanah Papua. Namun singkatnya, karena melihat pemerintah yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat, akhirnya dirinya memutuskan untuk menjadi bagian di dalam pemerintahan, dalam hal ini sebagai Bupati Kabupaten Kaimana.

“Jadi background saya ini aktivis. Karena saya melihat kelakuan pemerintah kayak begini, teriak-teriak tapi tidak dianggap, akhirnya saya putuskan masuk ke dalam dan ubah kebijakan di dalam,” ungkapnya.

Dirinya menginginkan ada orang-orang terbaik yang menjabat di pemerintahan memiliki hati dan menghargai perjuangan orang-orang tua terdahulu di tanah Papua.

Menurut dia, jika telah menduduki sebuah jabatan dalam pemerintahan, maka harus memberikan pelayanan yang terbaik dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Sebab, jabatan itu merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Dia mengaku tidak tertarik dengan “emas 10 Kg”, tapi yang utama dan yang dirinya jaga adalah hanya harga diri dan martabat sebuah daerah, khususnya daerah di tanah Papua ini. Tidak ada yang bisa mengubah pikirannya selain Tuhan.

“Kami ini mau ada orang-orang terbaik di pemerintahan, yang dengan hati yang mulia, menghargai orang-orang tua yang buka wilayah baik di jazirah Kaimana atau di pantai Kokonao dan lain-lain. Yang dulunya mereka membuka tempat itu, mereka datang tidak membawa apa-apa kecuali hati,” ujarnya.

Setelah putra Kamoro ini cukup panjang menjelaskan tentang profil dirinya, akhirnya dia secara buka-bukaan menjelaskan tentang Nicholaas Kuahaty.

“Menyangkut Nicolaas Kuahaty, dia itu pembohong besar untuk Bupati Kaimana,” tegasnya.

Apa saja kebohongan-kebohongan Nicolaas Kuahaty? (Bersambung)

(Tim)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

2 komentar:

  1. QQHARIAN SLOT ONLINE Agen Betting Online Terpercaya Dan Terlengkap Di Indonesia. Cukup 1 User ID aja anda sudah bisa bermain banyak game seruu di dalamnya Dan bisa ambil / klaim promo yang telah di sediakan, Salah satu nya BONUS KEKALAHAN DI GANTI FULL ( WELCOME CASHBACK 100% ) TANPA SYARAT TURNOVER. Info lebih lanjut bisa Hub.CS kami dengan Click Disini Guys :)

    BalasHapus
  2. Do you need to hack into any, databaseserver spy on Facebook,Emails, Whatsapp, Viber, Snapchat, Instagram and many more.
    I urge you to get in touch with the best people for the job, i have confirm the service when i need to spy on my spouse phone. They are good at Phone Cloning and Bitcoin/binary minning and any other hack job.
    Thanks guys for the team work HACKINTECHNOLOGYATGMAILDOTCOM

    +12132951376(WHATSAPP)


    BalasHapus