Dandim 1710 Mimika Sekarang Dijabat Oleh Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya

Bagikan Bagikan
Suasana penerimaan Dandim Kodim 1710 Mimika Yang Baru (Foto:SAPA/Kristin)


SAPA (TIMIKA) - Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya kini menjabat Dandim 1710 Mimika Gantikan Letkol Inf Pio L Nainggolan.

Keluarga besar Kodim 1710 melaksanakan Tradisi masuk satuan pada Rabu (5/8/2020) yang merupakan rangkaian dari acara serah terima jabatan di lingkungan TNI AD sebagai wujud kebanggaan terhadap Korp atau satuan.

Acara tradisi masuk satuan dilaksanakan di Makodim 1710/Mimika Jalan Agimuga Mile.32 Distrik Kuala Kencana.

Acara tersebut diawali dengan doa, dilanjutkan dengan upacara adat penjemputan dari masyarakat suku Kamoro dengan tarian menggunakan simbol perahu yang dinaiki oleh Dandim yang baru bersama istri. Tarian merupakan doa dari suku kamoro yang menghantarkan komandan kodim 1710 beserta keluarga untuk mengemban tugas di Mimika.

Dalam sambutannya Letkol Inf Pio L Nainggolan sebagai mantan Dandim mengatakan rangkaian acara yang diawali dengan doa tersebut bermakna agar Dandim 1710 Timika yang baru dalam mengambil setiap kebijakan dan melaksanakan seluruh tugas dapat dipimpin oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Acara yang diwarnai dengan budaya dari suku Kamoro sebagai tanda bahwa tempat satuan berdiri dikenal dengan Tanah Amungsa bumi Kamoro.

"Tempat berdirinya Kodim 1710 ini dimana kita tinggal ini merupakan tanah dari suku Kamoro, merupakan sebuah apresiasi bagi kita dari saudara-saudari kita suku Kamoro yang mengizinkan kita untuk tinggal dan berdinas di Kodim 1710 Timika tepatnya di Mile 32 ini," kata Pio.

Letkol Pio mengungkapkan, ada satu ucapan dari Kepala Suku Kamoro sesuai dengan semboyan Kodim 1710 Mimika yakni 'Oro Doro Enakoa' Yang artinya adalah kau dan aku satu.

"Artinya mulai dari Dandim 1710 Mimika sampai prajuritnya itu harus menyatu dengan masyarakat tidak boleh lupa kepada masyarakat, dan Kodim 1710 menjadi satu-satunya Kodim yang memiliki semboyan dan ada lambangnya," serunya.

Mewakili prajurit Kodim 1710, Letkol Pio mengucapkan selamat datang kepada Dandim 1710 yang baru beserta keluarga di Mimika.

"Semoga di dalam memimpin dan melaksanakan tugas bisa lebih baik ke depan, dan perlu saya sampaikan kepada seluruh prajurit dan PNS beserta seluruh keluarga, bahwa seluruh tugas tanggung jawab telah diserahkan kepada Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya," tuturnya.

Dandim 1710 Timika yang baru, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya dalam sambutannya mengaku, yang sudah dijelaskan menyangkut semboyan Oro Doro Enakoa akan diembannya.

"Akan saya emban apa yang menjadi pesan dari kepala suku yang menjadi satu motto yang berarti kau dan aku satu, kita bersaudara," katanya.

Kemudian berbicara tentang persaudaraan, kata Letkol Yoga, dirinya  sejak lahir sampai dengan sekarang, dibina dengan siapa pun itu, tanpa memandang latar belakang apapun, suku, agama, ras, dan sebagainya.

"Insya Allah saya sudah bisa dalam artian itu menjadi suatu hal yang sering dan selama ini turun temurun diajarkan oleh semua pimpinan dan keluarga", ujarnya.

Ia bersyukur karena dirinya masuk di Kodim yang memiliki motto yang sama, bahwa kita semua bersaudara baik sesama prajurit, prajurit dengan masyarakat dan semua lapisan masyarakat yang ada di sini untuk melaksanakan tugas yang dasarnya adalah semboyan tersebut.

Ia mengatakan untuk mengaplikasikan semuanya itu, bukan saja dibicarakan tapi juga sambil dikerjakan.

"Apa yang diberikan prajurit kepada Letkol Pio juga diberikan kepada saya sehingga kita sama-sama bisa melaksanakan tugas menjaga hubungan dengan masyarakat dengan baik kemudian apa yang disampaikan oleh kepala suku dalam melaksanakan hubungan manusia dengan manusia di sini kita laksanakan dengan ikhlas, kau dan aku satu," tuturnya.

Untuk diketahui, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya sebelumnya menjabat sebagai Dansecata Rindam XVII Cenderawasih. Sementara Letkol Inf Pio L Nainggolan akan pindah tugas sebagai Pabandya Sintel di Mabes TNI. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar