Disperindag Mimika Berkomitmen Tata Pasar Sentral

Bagikan Bagikan


Gedung A1 dan A2 di pasar Sentral Timika yang segera direhap Disperindag Mimika
(Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) -  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika kembali membenahi dan menata pasar Sentral.

Kepala Disperindag Mimika, Michael Gomar kepada wartawan, Selasa (4/8/2020) mengatakan,   permasalahan-permasalahan yang ada di pasar Sentral telah disampaikan kepada Bupati Mimika, Eltinus Omaleng selaku Pimpinan.

Kata Gomar, yang harus dan segera ditata adalah Gedung A1 dan A2 yang telah dibangun sekian lama serta terbengkalai dan belum dimanfaatkan hingga sekarang.

Berdasarkan hasil tinjauan lapangan yang dirinya lakukan, Gomar sampaikan kerusakan pada gedung A1 cukup parah, dan mau tidak mau harus direhap ulang, agar pedagang yang sudah menerima kunci segera menempati Los yang disediakan.

"Gedung A1 dengan jumlah 104 Lapak begitu pula gedung A2 sebanyak 104 Los," ungkap Gomar.

Hal lain yang akan dilakukan adalah menutup seluruh tembok yang dijebol oleh masyarakat sebagai akses masuk ke pasar Sentral kurang lebih ada 15 titik.

"Kita sangat berharap pengertian dari para masyarakat yang tinggal di sekitar pasar Sentral yang selama ini melewati tembok yang dijebol karena Disperindag akan tetap menutup tembok itu," ujarnya.

Ia katakan, sebelumnya disperindag telah bertatap muka dengan masyarakat sekaligus melakukan sosialisasi kepada warga sekitar  pasar.

Sementara itu, lapak-lapak yang dinilai tidak teratur akan dirapikan, dan untuk menjawab semua persoalan pasar itu, Disperindag akan membentuk tim terpadu untuk melaksanakan penataan  pengelolaan pasar Sentral, serta membentuk badan musyawarah pengelola  pasar yang terdiri dari kelompok pedagang dan penjual di pasar, dan badan musyawarah pengelola pasar yang akan menjadi perpanjangan tangan dari UPTD pasar Sentral dan Disperindag sendiri.

Ia katakan pemerintah daerah melalui Disperindag berkomitmen untuk menata pasar Sentral lebih baik, sehingga pandangan orang terhadap pasar yang jorok dan tidak tertata rapi tidak lagi terjadi.

"Termasuk penanganan sampah yang ada di pasar Sentral. Untuk sampah kita sudah audensi dengan pihak ketiga untuk penanganan sampah di pasar," sambungnya.

Dari pantauan Salam Papua di lapangan, sampah-sampah yang menumpuk di pasar Sentral telah dibersihkan, dan tidak ada lagi sampah yang berserakan. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar