Istri Kepala Kelurahan Kamoro Jaya Meninggal Diduga Gantung Diri, Keluarga Laporkan SR ke Polisi

Bagikan Bagikan
Pengacara dan Ibu dari Florida Letsoin saat berada di Polres Mimika untuk membuat laporan Polisi (Foto:SAPA/Kristin)


SAPA (TIMIKA)
- Florida Letsoin, Istri Kepala Kelurahan Kamoro Jaya meninggal dunia pukul 02.00 WIT, Senin (24/8/10).

Florida meninggal diduga karena gantung diri. Namun kematian Florida masih menimbulkan pertanyaan bagi pihak keluarga sehingga berdasarkan kesepakatan, keluarga almarhumah melaporkan SR yang merupakan suami Florida Letsoin ke pihak yang berwajib untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Untuk itu, pada Senin (24/8/2020) sekitar pukul 15.00 WIT, ibunda dari almarhumah Florida bersama pengacaranya yakni Valentinus Ulahaijanan,SH didampingi Yoseph Temorubun dan beberapa keluarga besar resmi melaporkan SR dengan laporan polisi nomor LP/586/VIII/2020/Res.Mimika.

Pengacara pelapor, Valentinus Ulahaijanan,SH menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi bermula pada Jumat (21/8/2020) SR dan istrinya almarhumah Florida bertengkar. SR kemudian memilih pergi dari rumah hingga hari Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 10.00 WIT, SR kembali lagi ke rumah dan kembali bertengkar dengan sang istri, namun sang istri meminta agar mama kandungnya Leonora Letsoin yang saat itu tinggal bersama mereka untuk masuk ke kamar bersama anak-anak dan tidak diperbolehkan keluar dari kamar.

"Mereka berkelahi sampai ada beberapa barang-barang rumah tangga yang hancur. Anak ini (Florida, Red) berteriak minta tolong tapi karena takut sehingga mama tidak keluar," jelas Valen kepada awak media usai membuat laporan polisi.

Valen menegaskan laporan yang disangkakan adalah dugaan pembunuhan di mana pelapor menuntut SR dengan pasal 340, pasal 338 dan 351.

"Setiap dia berkelahi dengan istrinya, dia selalu bilang mau bunuh, sekarang terjadi, korban sudah meninggal berarti dia punya niat untuk membunuh sudah terkabul, ini juga dugaan pembunuhan berencana," serunya.

Mama Kandung Almarhum Florida Letsoin, Leonora Letsoin menceritakan bahwa memang anaknya melarangnya untuk ikut campur saat anaknya bertengkar dengan sang suami.

"Tapi saya tidak bisa melihat saya punya anak dipukul, dan saya intip keluar, dia (SR) cekik saya punya anak perempuan, cekik kuat-kuat. Dan memang setiap bertengkar dia sudah biasa cekik bahkan jepit pakai kaki. Makanya saya lihat saya tidak bisa keluar," kata Leonora.

Saat itu anak dari SR dan Florida juga melihat Florida keluar dari rumahnya dan SR menyusul, kemudian sang anak sudah tidak bisa melihat ibu dan bapaknya yang lari ke belakang rumah.

"Setelah pertengkaran tersebut, saya di dalam kamar. Saya dengar SR keluar pakai mobil hampir satu jam kemudian kembali dengan Polisi dan ambulance, tapi Polisi tidak ijinkan saya melihat kondisi anak saya, hanya tim medis dan Polisi saja," kata Leonora.

Dirinya hanya mendengar dari keluarganya yang merupakan tenaga medis yang saat itu ikut evakuasi korban, bahwa anaknya meninggal karena gantung diri di sebuah pohon nangka.

"Namun kita lihat kejadian yang ada menurut saksi kunci, mereka lihat dia (Florida) dalam keadaan berlutut, kemudian nangka itu sangat tinggi tidak bisa dipanjat, bagaimana dia bisa gantung diri?" ungkap Leonora.

Leonora menjelaskan saat visum dari pihak rumah sakit mengatakan tidak terdapat tanda apa-apa namun saat dirinya minta ijin untuk melihat Jenazah ternyata terdapat lebam di beberapa tubuhnya, di antaranya di Kepala, bahu kiri dan kanan.

"Kalau orang gantung diri, lidah pasti keluar tapi ini hanya pendek pasti dia pukul. Sehingga harapan saya Polisi usut ini, proses dan hukum sesuai dengan apa yang terjadi," serunya sembari menangis.

Kuasa hukum korban yakni Yoseph Temorubun, mengatakan pihak keluarga sesalkan mengapa saat Polisi tiba di TKP tidak mengijinkan sang ibu kandung dari almarhumah untuk melihat.

"Kenapa pihak keamanan melarang ibunya untuk melihat kondisi anaknya, ataukah jika ada ketua RT harus panggil dan lihat sehingga jelas pada saat olah TKP pengambilan mayat. Proses penanganan pada saat pengambilan mayat yang tidak diketahui oleh keluarga ini patut menjadi pertanyaan kami?" seru Yoseph.

Dirinya mengatakan pihak keluarga menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada aparat penegak hukum dalam hal ini Polres Mimika.

"Karena kejadian menyangkut pemukulan terhadap istrinya ini sudah berulang kali sehingga mamanya menjadi saksi fakta dan kita berharap kasus ini harus tuntas tidak boleh plin-plan, tidak ada orang di Republik ini yang kebal hukum, siapa pun dia harus tunduk pada aturan," ujarnya.

Berkaitan dengan pemakaman, pihak keluarga telah bersepakat agar menunggu proses penyelidikan lanjutan dari Polres Mimika ataupun adanya kejelasan hukum bahkan keluarga siap jika kepolisian mau melakukan autopsi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP. Hermanto kepada awak media menjelaskan pihaknya masih melakukan olah TKP.

"Dugaan sementara gantung diri, kalau dilihat dari foto korban dia mengggigit lidahnya dan intinya semua masih diselidiki," katanya.

Kasat Reskrim mengatakan SR sedang berada di Polres Mimika dan masih dimintai keterangan.

"Keterangan sementara, sebelumnya terjadi cekcok atau keributan dari keduanya. Dan untuk penyebabnya kami masih mendalami," kata Kasat Reskrim.

Barang bukti yang diamankan berupa tali tambang.

"Kami juga mau mengambil hp nya (almarhumah) untuk melihat apakah ada komunikasi sebelum terjadi peristiwa gantung diri," ujarnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

3 komentar:

  1. Apakah sudah diadakan otopsi?

    BalasHapus
  2. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus
  3. Do you need to hack into any, databaseserver spy on Facebook,Emails, Whatsapp, Viber, Snapchat, Instagram and many more.
    I urge you to get in touch with the best people for the job, i have confirm the service when i need to spy on my spouse phone. They are good at Phone Cloning and Bitcoin/binary minning and any other hack job.
    Thanks guys for the team work HACKINTECHNOLOGYATGMAILDOTCOM

    +12132951376(WHATSAPP)


    BalasHapus