Banyak Turnamen Olahraga di Timika Libatkan Wasit Tanpa Lisensi, KONI Harus Evaluasi

Bagikan Bagikan
Natalia Kemong (Foto:SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA) - Manajer Tim Putri Sally FC Mimika, Natalia Kemong menilai bahwa di Timika banyak wasit  turnamen olahraga  khususnya sepak bola yang menggunakan wasit  tanpa lisensi khusus, sedangkan yang berlisensi digantung dan tidak dimanfaatkan.

“Harusnya untuk Cabor apapun termasuk bola kaki (sepak bola, Red), futsal gawang besar dan mini serta bola voli itu harus melibatkan orang-orang yang berlisensi, bukan yang abal-abal. Contohnya wasit dan kabut. Jangan pakai yang hanya baca buku sebentar dan punyai hubungan dengan official langsung dipilih dan berdiri di tengah lapangan,” ungkapnya di kantor DPRD Mimika, Senin (28/9/2020).

Menurut dia, khusus untuk tujuh suku ada beberapa yang punya lisensi khusus selaku wasit, baik sepak bola ataupun futsal, tetapi tidak dimanfaatkan.

“Contohnya turnamen yang saat ini berjalan, kita lihat wasitnya orang-orang yang tidak berlisensi. Memang ada tim saya yang ikut bertanding dengan membayar pendaftaran, tapi orang-orang yang berdiri mengatur di lapangan itu sama sekali tidak jelas,” tuturnya.

Karena itu, ia mengharapkan adanya evaluasi dari KONI agar penyelenggaraan setiap turnamen olahraga di Mimika benar-benar  bisa mendidik generasi muda. Sebab, penyelenggaraan suatu turnamen bukan saja untuk mencari juara, tetapi juga bisa mendidik generasi muda dengan baik, sehingga dapat mengetahui apa itu olahraga dan hal-hal apa yang harus ditaati selama pertandingan berlangsung. Demikian juga untuk wasit dan kabut, harus punya keahlian melalui pelatihan khusus agar perjalanan hingga hasil akhir pertandingan tercapai dengan jujur dan memuaskan tanpa adanya kebohongan.

“Saya punyai lisensi 2017 lalu di Bandung. Kenapa yang dipakai sekarang itu orang yang tidak mengerti apa-apa? Makanya kalaupun bukan handsball, tapi mereka bilang handsball. Hal seperti itulah yang menyebabkan keributan dari suporter,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

4 komentar:

  1. Salam Olahraga Ibu, kenapa tidak menjelaskan
    Bahwa ibu punya licenci apa..?
    1.Wasit atau pelatih karena berbeda fungsi dan tugas.
    2 . Hansboll itu ada dua, yaitu bollhans dan
    hansboll
    -Hansboll artinya pemain yang menyentuh bola
    -Bollhans artinya Bola yang menyentuh bola tanpah kesengajaan.
    Sebaik nya harus di bedakan.

    Poin ke dua
    1 . Wasit sepak bola berada di bawah naungan
    PSSI.
    2 . Wasit Futsal yaitu berada di bawah naungan
    Asosiasi Futsal,( Askot/Askab, & Asprop sesuai lecensi wasit yang ).

    Poin ke tiga

    1 . Ibu bisa kalkulasikan wasit sepak bola ada berapa banyak di kab.mimika..?
    2 . Ibu bisa kalkulasikan ada berapa banyak wasit berlicensi di kab.mimika,sesuai level berapa atau tingkat berapa..?

    Kalau ibu mau menanyakan lebih lanjut bisa
    Menghubungi contak saya dibawa ini

    Hormat saya wasit Futsal Level ( 1 )
    Marselus Kelanangame

    Mohon maaf jika termuat bahasa yang tidak
    Berkenan di hati ibu AMOLE
    SALAM OLAHRAGA

    BalasHapus