Bawaslu Papua Sebut Belum Ada Laporan Terkait Video Penyerahan Uang Bagi PKS

Bagikan Bagikan

Tangkapan layar video viral penyerahan uang dari salah satubakal calon bupati di kanal youtube. (Foto-Antara)

SAPA (JAYAPURA)
- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua menyebutkan hingga kini belum ada laporan yang masuk kepada pihaknya terkait beredarnya video  penyerahan uang bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di wilayah itu yang menjadi viral belakangan ini di kanal youtube.

 

Anggota Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ronald Manoach kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan belum ada laporan apapun terkait video yang sedang viral tersebut.

 

"Sampai saat ini belum ada laporan ke Bawaslu mengenai video penyerahan uang dari parpol tertentu,"katanya.

 

Sementara itu, Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Papua Kusmanto mengatakan telah menanyai pengurus PKS Merauke dan bakal calon bupati setempat Hendrikus Mahuze terkait hal tersebut.

 

"Saya sudah konfirmasi yang bersangkutan, bakal calon bupati dan pengurus PKS Merauke, saya tidak tahu hal, jadi itu hubungan tim sukses dengan calon bupati," katanya ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu.

 

Menurut Kusmanto, diakui memang ada pemberian uang dari Hendrikus Mahuze kepada pengurus PKS Merauke, namun uang tersebut bukan untuk mahar dikeluarkannya surat rekomendasi untuk maju dalam pilkada setempat.

 

"Jadi calon bupati itu memberikan kepercayaan kepada teman-teman PKS Merauke untuk mengurus atributnya, seperti membeli alat peraga kampanye,"ujarnya.

 

Kusmanto menjelaskan tidak ada yang perlu dipermasalahkan dari beredarnya video tersebut karena kedua belah pihak telah memberikan konfirmasi.

 

"Saya kira ini tahap pemenangan dan kami serahkan ke teman-teman di kabupaten, ketika itu sudah terkonfirmasi kedua pihak saya kira itu sudah selesai," katanya lagi.

 

Dia menambahkan pihaknya menyayangkan adanya pihak yang secara sembunyi merekam aktivitas tersebut dan mengunggahnya ke youtube, di mana hal ini dinilai dilakukan karena muatan politik pihak tertentu.

 

Sebelumnya, beredar video di kanal youtube berjudul "NGERI.... CALON BUPATI MERAUKE HENDRIKUS MAHUZE SUAP PKS MILIARAN RUPIAH.... DEMI MENDAPATKAN SUR".

 

Video tersebut diunggah pada 8 September 2020 dan hingga Rabu (9/9) pukul 18.03 WIT telah ditonton sebanyak 5.533 kali.

 

Dalam video tersebut terlihat beberapa orang tengah berada di sebuah kamar, di antaranya tampak bakal calon bupati Merauke Hendrikus Mahuze duduk di sebuah sofa dan di depannya terdapat dua orang yang sedang mengeluarkan uang dari kantung plastik dan menyusunnya di sebuah meja kecil. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar