Dalam Bulan Agustus, Polisi Amankan 4 Empat Pelaku Kepemilikan Narkotika di Timika

Bagikan Bagikan
Suasana rilis terkait kinerja kepolisian dalam pengungkapan kasus narkotika (Foto:SAPA/Kristin)


SAPA (TIMIKA) – Dalam bulan Agustus tahun 2020, Polres Mimika melalui Satuan Reserse Narkotika, Psikotropika dan Obat Berbahaya (Satresnarkoba) telah mengamankan empat orang pelaku kepemilikan beberapa jenis naskotika.

Hal ini disampaikan Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata didampingi Kasat Reskrim, AKP. Hermanto, dan Kasat Resnarkoba, AKP Mansur dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Rabu (2/9/2020).

Kapolres Mimika menjelaskan empat tersangka yang diamankan yakni berinisial  A, MIA, ASM dan MS. Dimana dari semua rangkaian penangkapan, polisi berhasil amankan sebanyak Plastik klip bening kecil berisikan Narkotika jenis shabu seberat 51,66 gram, satu Plastik klip bening berisikan Narkotika jenis ganja seberat 0,73 gram, Satu  Set peralatan alat isap sabu, satu Buah plastik klip bening isi tembakau sintetis yang diduga mengandung Narkotika golongan I seberat 10,20 gram.

Adapun TKP dalam penangkapan tersebut yakni untuk tersangka A di jalan Leo Mamiri pada 17 Agustus 2020 sekitar pukul 19.00 WIT dengan barang bukti awal sebanyak dua plastik klip bening kecil berisikan Narkotika jenis shabu seberat 2,36. Kemudian dikembangkan ditemukan TKP kedua dengan tersangka A yakni di Jalan Hasanudin gang semangka. Dengan  barang bukti yakni 37 Plastik klip bening kecil berisikan Narkotika jenis sabu seberat 48,58.

“Total pada saat itu adalah sebanyak 39 paket dengan total berat 50,94  gram, yang diketahui A adalah penjual sate,” jelas Kapolres.

Kemudian TKP ke tiga di Jalan Budi Utomo, polisi amankan tersangka ASM yang berperan sebagai kurir pada hari Rabu 19 Agustus 2020 sekitar pukul 11.00 WIT dengan barang bukti satu buah plastik bening isi tembakau jenis sintetis yang diduga mengandung narkotika golongan I seberat 10,20 gram.

“Kemudian dari pengembangan di ketahui ada pemilik barang dan kami berhasil mengamankan tersangka inisial MS sebagai pemilik barang,” ujar Kapolres.

Berikutnya adalah TKP yang ke 4 di jalan Epo Koperapoka Timika, Polisi mengamankan tersangka inisial MIA pada Jumat 21 Agustus 2020 sekitar pukul 19.00 WIT dengan barang bukti sebanyak dua Plastik klip bening kecil berisikan Narkotika jenis sabu seberat 0,72 gram, satu Plastik klip bening kecil berisikan Narkotika jenis ganja seberat 0,73 gram dan Satu  set peralatan alat isap sabu. Tersangka MIA masih merupakan pengguna.

Adapun berdasarkan pengembangan barang bukti didatangkan dari Sampang, Madura dan saat ini Polisi Mimika berusaha berkoordinasi dengan kepolisian di Sampang terkait dengan hasil-hasil pengungkapan yang ada di Mimika.

“Dan hasil ini tentunya semua berdasarkan kerja keras dari pada satuan narkoba Polres Mimika dan juga bantuan dari informasi  masyarakat,kemudian jenis pasal yang dipersangkakan yakni pasal 114 dan 112 dengan ancaman hukuman 4 hingga 20 tahun pidana, jadi diterapkan terkait dengan ancaman atau putusan pidananya bisa dipengaruhi kuantitas pengamanan. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar