Danbrigif 20/IJK, Letkol Inf Edy Widyanto Diangkat Sebagai Anak Adat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu

Bagikan Bagikan
Suasana upacara adat, Danbrigif 20/IJK saat diangkat menjadi anak adat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu (Foto:Istimewa)


SAPA (TIMIKA) - Baru menjabat selama empat bulan, sejak bulan Juni 2020 lalu hingga saat ini, Komandan Brigif (Danbrigif) 20/IJK/3 Kostrad Letkol Inf Edy Widyanto bersama istri diangkat sebagai anak adat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu Mapurujaya.

Pengangkatan Danbrigif bersama istri sebagai anak adat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu Mapurujaya ini dilakukan secara adat, dengan penyematan topi adat, tauri, dan kalung oleh masyarakat Suku Kamoro dari Kapawe dan Imamakawe yang diwakili Mama-Mama pada Sabtu (12/9/2020) di wilayah KM 9 Depan Pasantren Hidayatullah Timika.

Danbrigif pun diberikan nama menjadi Edy Widyanto Yawa, yang nama adatnya adalah Makum Pinawao Yawa, sementara untuk istri diberi nama Temarpa Yawa.

Ketua Lembaga Adat, Elias Yawa mengatakan, sebagai ketua Lembaga adat suku Kapawe, dirinya berharap melalui pengangkatan Danbrigif 20/IJK/3 Kostrad sebagai anak adat Kapawe dan Imamukawe, maka TNI dapat berjalan beriringan dengan masyarakat setempat.

"Dengan pengangkatan ini diharapkan anak adat dapat berjalan beriringan dengan TNI-Polri dan masyarakat, sehingga Mimika lebih maju dan damai, dan kami keluarga besar suku Kapawe Imamukawe mengangkat Danbrigif sebagai anak adat ini sebagai bentuk penghargaan, dan diharapkan bisa membantu serta mendukung masyarakat Suku Kapawe dan Imamukawe," seru Elias Yawa yang juga Kepala Kampung Kadun Jaya.

Ia berpesan agar Danbrigif setelah diangkat jadi anak adat, dimanapun berada, harus selalu mengingat rumahnya yakni di Kaugapu.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Kampung Kaugapu dan juga tokoh adat Kapawe dan Imamukawe, Safirus Kapiratu, di mana dengan pengangkatan anak adat ini pihaknya berharap Danbrigif bisa melihat daerah Mimika ini khususnya masyarakat Kaugapu.

"Pengangkatan anak adat ini juga diketahui oleh moyang, sehingga diharapkan anak yang diangkat di tanah ini, bisa membantu dan mendukung masyarakat Kaugapu," katanya.

Sedangkan Danbrigif 20/IJK/Kostrad, Letkol Inf Edy Widyanto mengungkapkan bahwa status dirinya yang diangkat sebagai anak adat setempat merupakan penghormatan dan penghargaan yang diberikan masyarakat Kapawe dan Imamukawe Kaugapu terhadap dirinya.

"Dengan pengangkatan anak adat ini, saya berharap bisa berinteraksi antara anggota Brigif dan masyarakat, khususnya suku Kapawe dan Imamukawe. Sebagai anak dan keluarga akan ikut menjaga sekuat tenaga, agar suku Kapawe dan Imamukawe dapat makmur di tanah ini," ujarnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar