Dinas P3AP2KB Bina Anak-Anak di Mimika Jadi Pelopor dan Pelapor

Bagikan Bagikan
Para Peserta Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor (Foto:SAPA/Jefri Manehat)


SAPA (TIMIKA) -  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Mimika menggelar pelatihan peran anak sebagai pelopor dan pelapor (2P) dalam salah satu bentuk peningkatan kapasitas bagi anggota Forum Anak di Mimika.

Hal tersebut disampaikan pada kegiatan yang dilaksanakan di salah satu hotel di jalan Yos Sudarso Timika, Kamis (24/9/2020), yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, dan dihadiri organisasi perangkat daerah terkait, serta perwakilan pelajar tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Mimika.

Kegiatan tersebut didasarkan pada Peraturan menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia nomor 18 tahun 2019 tentang penyelenggaraan forum anak, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor di lingkungannya, serta sebagai agen perubahan dalam pembangunan.

Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Mimika, Maria Rettob menjelaskan forum ini merupakan salah satu wadah bagi anak-anak di Mimika. Forum ini akan memberikan masukan dan informasi kepada pemerintah melalui Dinas P3AP2KB ketika terjadi kekerasan terhadap anak, karena Forum Anak merupakan mitra Pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak, serta diharapkan dapat mempunyai kemampuan yang dapat membantu dan mengajak orang lain di sekitarnya untuk turut serta dalam proses perubahan.

“Untuk menjadi Pelopor dan Pelapor, anak-anak harus diberikan pelatihan dan pemahaman serta dedikasi yang baik sehingga masalah yang terjadi di lingkungan mereka, yang berkaitan dengan anak dapat dilaporkan, baik itu masalah kekerasan terhadap anak, narkoba dan juga kekerasan seksual terhadap anak,” ujar Maria.

“Selama ini anak-anak takut untuk melaporkan masalah di lingkungannya, karena mungkin mendapatkan tekanan, sehingga mereka tidak bisa melaporkan hal itu kepada pihak yang berwajib dan mereka selalu menjadi korban yang terus berkepanjangan. Forum ini ada sebagai wadah bagi mereka untuk bisa menjadi pelopor dan pelapor ketika terjadi masalah yang berhubungan dengan anak,” sambung Maria ketika ditanya wartawan. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar