Dinas P3AP2KB Merevitalisasi Gabungan Organisasi Wanita di Kabupaten Mimika

Bagikan Bagikan
Revitalisasi GOW Kabupaten Mimika (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) -  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Mimika merevitalisasi gabungan organisasi wanita (GOW) Mimika melalui kegiatan pemberdayaan Lembaga yang Berbasis Gender, Selasa (15/9/2020).

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemilihan pengurus GOW yang baru dan Wakil Ketua II TP-PKK Kabupaten Mimika, Ny. Pere Omaleng terpilih menjadi Ketua GOW untuk 5 tahun ke depan.

Kepala Dinas P3AP2KB Mimika, Maria Rettob mengatakan Dinas P3AP2KB hanya memfasilitasi agar bagaimana GOW tetap berjalan karena selama ini GOW vakum, dan ia berharap setelah pembentukan pengurus yang baru, GOW bisa kembali berjalan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengkoordinir wanita di Kabupaten Mimika berhimpun dalam GOW.  Sebenarnya kata Maria, GOW di Kabupaten Mimika  sudah ada sejak lama, namun tidak berjalan.

"Selama ini masing-masing organisasi wanita di Kabupaten Mimika berjalan sendiri, sehingga kita berupaya untuk bagaimana organisasi-organisasi wanita di Mimika harus berhimpun di dalam satu lingkaran untuk membantu pemerintah dalam pemberdayaan perempuan," ungkap Maria kepada wartawan.

Sementara itu Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM ketika membuka acara tersebut menyampaikan, pemberdayaan perempuan merupakan suatu proses kesadaran dan pembentukan kapasitas terhadap partisipasi yang lebih besar. Kekuasaan dan pengawasan pembuatan keputusan yang lebih besar dan tindakan transportasi agar menghasilkan persamaan derajat yang lebih besar antara perempuan dan laki-laki.

Menurut John, pemberdayaan perempuan merupakan transformasi hubungan antara laki-laki dan perempuan pada 4 level berbeda, keluarga, masyarakat, pasar dan negara.

"Organisasi wanita merupakan representasi bagi upaya peningkatan peran serta perempuan dalam pembangunan, sementara di sisi lain perempuan memiliki peran strategis bagi pembangunan kesejahteraan keluarga dan masyarakat pada umumnya," kata John.

Dikatakan, sejalan dengan kesetaraan gender dalam pembangunan nasional, organisasi perempuan sebagai mitra kerja pemerintah, partisipasi dan dukungan dari organisasi perempuan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, berada pada lini terdepan dalam mensosialisasikan dan mensinergikan program pemerintah dalam bidang peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kesehatan masyarakat, percepatan penurunan tingkat pengangguran dan kemiskinan.

Beberapa langkah dan kebijakan yang dilakukan dalam perlindungan kelembagaan dan jaringan pengarusutamaan gender mengatur data serta partisipasi masyarakat antara lain meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui bidang kesehatan, hukum, ketenagakerjaan, sosial, politik, lingkungan hidup dan ekonomi.

Gow mempunyai konsistensi dalam memperjuangkan peningkatan peran kualitas dan wawasan kaum perempuan khususnya di Kabupaten Mimika.

Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Daerah memandang penting keikutsertaan GOW sebagai organisasi dalam membangun daerah.

Di Kabupaten Mimika, kata John, GOW dibentuk untuk meningkatkan harkat dan martabat kaum wanita agar berperan dalam pembangunan nasional untuk mencapai masyarakat adil dan makmur melalui peningkatan pendidikan dan keterampilan.

Wabup berharap GOW kembali eksis dan bisa membantu pemerintah dalam memberdayakan perempuan di Kabupaten Mimika untuk lebih mandiri dan sejahtera. (Jefri  Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar