Disdukcapil Mimika Akan Bangun Gedung Baru di Tengah Kota Dengan Anggaran Rp 36 Miliar

Bagikan Bagikan
Gambar Rencana Gedung Baru Disdukcapil Kabupaten Mimika (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) -  Pemerintah Kabupaten Mimika segera membangun gedung baru Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Gedung baru Disdukcapil Kabupaten Mimika yang direncanakan berdiri di tengah kota Timika dengan bangunan 3 lantai itu berlokasi di Jalan Cenderawasih Sp2 samping Bank Irian.

Bangunan yang akan menghabiskan anggaran Rp 36 Miliar tersebut berdiri di atas lahan dengan ukuran 70 x 49 meter, dan luas bangun  36 x 30 meter.

Pembangunan Mengacu pada peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah dan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 7 tahun 2006 tentang Standarisasi dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah.

Sekretaris Bappeda, Hilar H. Limbong Allo yang memimpin penyusunan pembangunan Gedung baru Disdukcapil tersebut mengatakan, kantor Disdukcapil yang berdiri di tengah kota itu untuk memudahkan masyarakat agar dapat diakses lebih cepat. Bangunan tersebut akan dikerjakan secara bertahap dan  akan mulai dikerjakan pada tahun 2021 mendatang.

"Ini untuk memenuhi sarana dan prasarana utama serta penunjang pelayanan masyarakat, dan dengan adanya gedung baru bisa memberikan kenyamanan dalam menjalankan tugas dan fungsi OPD serta pelayanan publik," kata Hilar.

Pembangunan  gedung baru Disdukcapil dipandang perlu lantaran jumlah penduduk yang terus bertambah setiap tahunnya. Sebab kondisi kantor Disdukcapil saat ini tidak memadai untuk pelayanan masyarakat yang semakin meningkat.

Untuk mengantisipasi  perkembangan pembangunan di Kabupaten Mimika maka diperlukan rencana yang terarah dan sejalan dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Mimika,  sehingga pemanfaatan dan peruntukan ruang tertata dengan baik, dengan berpedoman pada pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar