Disdukcapil Mimika Sudah Bisa Layani Adminduk di Pedalaman Secara Online

Bagikan Bagikan
Foto Tim Jempol Adminduk Bersama Masyarakat Atuka Seusai Mengurus Adminduk (Foto:Istimewa)


SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, Slamet Sutedjo mengungkapkan dengan adanya Program "Mimika  Smartcity"  dengan dibangunnya Base Transceiver Station (BTS) sebagai sarana Telekomunikasi di Distrik Pedalaman, kini tidak hanya bisa digunakan untuk jaringan telepone dan akses lnternet, tapi dapat dimanfaatkan untuk Pelayanan Dokumen Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) bagi Masyarakat Atuka dan sekitarnya.

“Saat ini kami sudah bisa melakukan pelayanan online dan pencetakan secara langsung di Atuka dan diserahkan langsung kepada Warga. Melalui tim Jempol Adminduk sekarang semua dokumen Adminduk warga berupa KTP elektronik, kartu keluarga, akte kelahiran, akte kematian, kartu ldentitas Anak (KIA), dan surat pindah penduduk antar kampung atau distrik dalam wilayah Kabupaten Mimika, sudah bisa dilakukan secara online.

Kepada Salam Papua melalui sambungan telepone, Slamet mengatakan masyarakat di Distrik Atuka banyak masyarakat yang hingga saat ini belum memilik KTP apalagi Adminduk yang lain, namun semua sudah terjawab.

“Antusiasme masyarakat sangat tinggi. Terbukti semalam kami hampir jam 23.00 WIT baru bisa berhenti melayani masyarakat karena Listrik PLN akan dimatikan pukul 00.00 WIT, sebagaimana Jadwal biasanya. Untuk pagi sampai dengan sore pukul 18.00 WIT kami harus gunakan Genset sendiri untuk pelayanan. Setelah pukul 18.00 WIT Listrik PLN menyala barulah kami bisa gunakan,” ujarnya.

Di hari pertama pelayanan, Kadisdukcapil mengungkapkan sebanyak 106 Akte Kelahiran, 38 Kartu Keluarga, perekaman e-KTP sebanyak 20, Pencetakan e- KTP 81 dan KIA 42 terlayani, dan pelayanan masih terus berlanjut hingga hari kedua. Bahkan kata dia, masyarakat yang datang lebih banyak, dan ini masih akan berlanjut hingga tanggal 20 September.

Pada Tahun 2021 mendatang, Disdukcapil bersama Distrik di pedalaman baik itu pesisir maupun pedalaman yang sudah terkoneksi jaringan internetnya akan berkolaborasi dalam Program  Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan atau Distrik (PATEN), khususnya di bidang Kependudukan dan Capil seperti yang sudah berjalan di Distrik  Mimika Timur dan Mimika Baru.

“Masyarakat sangat berterima kasih kepada bapak Bupati Mimika, dan mereka merasa sangat puas karena bisa memiliki dokumen Adminduk tanpa jauh-jauh ke Puspem atau ke pusat kota. Visi-Misi Kabupaten Mimika dalam rangka mewujudkan Mimika Cerdas, Aman, Damai dan Sejahtera kini semakin lebih dirasakan nyata oleh masyarakat Mimika, khususnya melalui adanya program Mimika Smartcity,” kata Slamet. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar