Guru-Guru Honor di Mimika Ditipu Jutaan Rupiah

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)


SAPA (TIMIKA) – Diiming-imingi Surat Keputusan (SK) Pengangkatan PNS, lebih dari lima orang guru honor di Mimika ditipu hingga jutaan rupiah.

Hal ini disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Mimika, AKP Hermanto, Kamis (24/9/2020) di ruang kerjanya.

"Jadi, guru-guru tersebut ditelepon oleh orang yang mengaku dari dinas pendidikan terkait dengan pengangkatan. Kemudian dimintai dana sekian juta untuk SK PNS nya cepat keluar. Namun setelah dicrosscheck nomornya tersebut berada di Kepulauan Riau dan Kalimantan," jelas Kasat Reskrim.

Ia mengatakan karena guru-guru tersebut percaya, akhirnya ada yang mengirimkan sejumlah dana ke rekening yang diminta oleh pelaku.

"Mereka kirim bervariasi ada yang Rp 2 juta, 3 Juta, bahkan ada yang 5 juta lebih. Sementara guru yang menjadi korban sekitar lebih dari 5 orang. Mereka guru honor SD di Distrik Iwaka," katanya.

Dijelaskan, pelaku dengan meyakinkan mengatakan bahwa para korban akan diangkat dan SK-nya akan keluar namun dengan syarat bahwa mereka harus mengirimkan sejumlah uang.

"Jadi, setelah ditelepon tidak butuh waktu lama korban langsung mentransfer sekian juta ke rekening yang dikirimkan oleh pelaku," katanya.

Dia mengungkapkan, pihaknya masih mendalami pelaku mendapatkan nomor HP guru-guru honor tersebut dari mana.

"Mereka sudah melaporkannya sekitar dua minggu yang lalu. Dan kasus ini juga masih lidik," ungkapnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar