Janji Freeport Tidak PHK Karyawan Harus Ditepati

Bagikan Bagikan
Ketua DPRD Mimika, Robby K. Omaleng (Foto:SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA) – Ketua DPRD Mimika, Robby Kamaniel Omaleng, SIP.,MA mengaku bahwa apa yang dituntut oleh para karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) di Tembagapura adalah sesuatu yang layak lantaran berkaitan dengan hak.

“Karyawan-karyawan itu kan sudah lama tidak bisa ketemu anak dan istri. Mereka seperti diasingkan di sana, sehingga mereka tuntut itu sangat layak dan wajar,” ungkapnya di kantor DPRD, Kamis (3/9/2020).

Namun ia mengharapkan agar seluruh karyawan untuk tetap bersabar mengingat untuk memenuhi tuntutannya bukan merupakan sesuatu yang mudah dan cepat, tetapi harus melalui banyak proses yang akan dibuat oleh manajemen.

Selain hal itu, ia juga berharap agar janji manajemen PTFI untuk tidak PHK-kan karyawan harus ditepati. Pasalnya menurut Robby, usai pembukaan palang saat aksi demo beberapa waktu lalu, telah ada kesepakatan dari manajemen PTFI atas permintaan Disnaker termasuk DPRD agar PHK tidak terjadi.

“Jangan sampai persoalan ini berujung pada PHK karyawan. Hal itu sangat tidak kita inginkan,” ujarnya.

Sedangkan untuk persoalan SDO sudah dijalankan, sehingga setiap karyawan juga harus menaati protokol kesehatan yang dilaksanakan oleh Tim Gugus PTFI.

“Intinya dari manajemen sudah komitmen untuk tidak lakukan PHK,” jelasnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar