Jika Situasi Sudah Kondusif, Segera Pulangkan Masyarakat 3 Kampung yang Dievakuasi di Timika

Bagikan Bagikan
Drs. Leonardus Kocu (Foto:SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA) – Sejak beberapa bulan terakhir warga dari kampung Waa Banti, Aroanop dan Kimbeli menuntut adanya bantuan untuk memfasilitasi pemulangan mereka ke kampung halamannya pasca dievakuasi ke Timika di bulan Maret lalu.

Mengingat hingga saat ini belum ada jawaban pasti, Ketua Fraksi Mimika Bangkit, Drs. Leonardus Kocu minta agar Pemkab Mimika melakukan evaluasi akan tuntutan tersebut. Mengevaluasi persoalan ini tentunya melibatkan seluruh stakeholder, baik Pemkab, TNI, Polri dan juga PT Freeport agar memastikan kondusifnya wilayah di tiga kampung tersebut.

“Kita tahu bersama bahwa masyarakat tiga kampung dari Tembagapura itu dievakuasi ke Timika lantaran adanya gangguan keamanan. Dengan demikian, yang saat ini dilakukan Pemkab adalah mengevaluasi kembali apakah itu menjadi suatu masalah atau tidak. Hal ini harus dilakukan supaya masyarakat mendapatkan kejelasan dan tidak lagi resah,” ungkap Leonardus, Selasa (22/9/2020).

Setelah sekian lama masyarakat ini dievakuasi, tentunya ada keresahan yang muncul mengingat kampung leluhur dan semua harta benda yang ada seperti rumah, kebun, hewan piaraan dan yang lainnya.

Karena adanya kekewatiran tersebut maka perlu ada respon dari Pemkab, Distrik, Polres dan Koramil Tembagapura.

“Harapan kita adalah Bupati segera undang pihak terkait yang disebutkan untuk mengevaluasi. Kalau memang situasi di atas sudah kondusif maka segera pulangkan masyarakat terkait,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus