Layanan Kesehatan Wilayah Pedalaman Mimika Berjalan Normal Selama Pandemi Covid-19

Bagikan Bagikan
Reynold Rizal Ubra (Foto:SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Reynold Rizal Ubra mengaku bahwa pelayanan kesehatan di wilayah pesisir pantai mulai dari Potowaibur hingga ke Jita tetap berjalan secara normal meski sempat ada pergantian Kepala Puskesmasnya.

“Selama pandemi ini, Dinkes telah membuat protokol terkait sistem pelayanan di zona hijau, kuning dan merah. Makanya saat ini saya mau sampaikan bahwa pelayanan kesehatan di wilayah pesisir dipastikan berjalan normal,” ungkapnya kepada awak media di salah satu Hotel di jalan Hasanuddin, Selasa (8/9/2020).

Beberapa pekan ke depan, tim dari Dinkes akan melakukan kunjungan ke wilayah pesisir guna mengintervensi tiga isu kesehatan yaitu isu terkait penyakit-penyakit yang terabaikan seperti kusta di kampung Yapakopa, Aindua dan Ararau. Selanjutnya akan mendatangi Puskesmas-Puskesmas yang isu utamanya adalah terkait ibu dan anak serta gizi buruk yaitu di Distrik Amar.

Dan juga terkait isu kesehatan yang terjadi karena batas wilayah seperti di Sumapro. Tanggal 15 September 2020 mendatang tim juga akan ke Sumapro dengan target utama menyelesaikan masalah esensial, tapi yang menjadi isu pentingnya adalah kusta, imunisasi dasar lengkap, isu malaria serta promosi kesehatan melalui Pokja kader kesehatan berbasis kampung.

“Kegiatan ini akan kami ikut sertakan dokter ahli sesuai isu kesehatannya,” katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar