Lazarus Bugaleng: Truk yang Gunakan Jalan Trans Nabire Suka Ugal-Ugalan

Bagikan Bagikan
Jalan Trans Nabire (Foto:Istimewa)

SAPA (TIMIKA) – Lazarus Bugaleng selaku Tokoh Pemuda mengatakan truk-truk proyek yang melintasi jalan Trans Nabire suka ugal-ugalan atau tidak mengontrol kecepatan kendaraannya.

“Banyak truk, baik truk pasir maupun truk proyek lain yang menggunakan jalan Trans Nabire tidak bijaksana dalam hal kecepatan untuk menghargai pejalan kaki, pengendara mobil, pengendara motor di jalur yang sama,” ujar Lazarus kepada Salam Papua, Selasa (9/15/2020).

Ia mengaku pengendara truk yang bermuatan pasir mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi sehingga menciptakan polusi serta tidak aman bagi pejalan kaki dan pengendaraan mobil berukuran kecil dan motor.

“Akibat dari banyak truk menggunakan akses jalan yg sama, sehingga terjadi kerusakan di permukaan jalan. Sementara banyak masyarakat yang selalu lalu lalang berkebun dan membuka lahan baru di sepanjang jalan Trans Nabire,” katanya.

Ia berharap agar semua pimpinan proyek yang truknya beroperasi di sepanjang jalan Trans Nabire, harus bisa memastikan para pekerjanya agar meskipun mengejar target namun tidak mengabaikan keselamatan pengguna jalan lain.

“Semua pimpinan proyek  memastikan para sopir sudah memahami bahwa pengguna jalan Trans Nabire adalah jelas ekonomi rendah, di mana transportasi mereka bus umum, jalan kaki, pengemudi motor, dan lain. Semua kendaraan besar yang beroperasi harus kurangi kecepatan ketika beroperasi di jalur jalan trans Nabire,” ungkapnya.

Ia mengajak agar semua orang bekerja semaksimal mungkin namun tidak melupakan keselamatan diri sendiri dan sesama. Jangan sampai, setelah terjadi kecelakaan baru menanggung resiko. Untuk itu perlu dicegah sejak dini.

Menurut dia, jika terjadi kecelakaan atas masyarakat sipil, masyarakat akan memberi sanksi tegas terhadap semua truck yang melintas di jalan trans Nabire.

“Mari kita sediakan payung sebelum hujan, dari pada cari payung sesudah hujan,” tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar