Mimika Kembali New Normal, Namun Aktivitas Dibatasi Jam 6 Pagi Hingga 9 Malam

Bagikan Bagikan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH didampingi Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM saat menandatangani kesepakatan bersama (Foto: SAPA/Jefri Manehat)


SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten Mimika kembali memperpanjang masa new normal, namun aktivitas masyarakat serta semua tempat usaha dan tempat-tempat hiburan dibatasi mulai pukul 06:00 WIT hingga pukul 21:00 WIT atau jam 9 malam.

Hal itu didasarkan atas kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten Mimika bersama Forkopimda Mimika dalam menyikapi kasus covid-19 yang terus meningkat,  yang tertuang dalam kesepakatan bersama nomor 443.1/1233,  tentang pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Covid-19 perpanjangan new normal di Kabupaten Mimika.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, Ketua DPRD Mimika, Robby Omaleng, Kapolres Mimika,  AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Dandim Mimika, Letkol (Inf) Yoga Cahya Prasetya, serta Pimpinan Forkopimda lainnya dan para Pimpinan OPD.

Pemerintah membatasi aktivitas masyarakat mulai jam 6 pagi sampai jam 9 malam, dan ini berlaku juga untuk semua tempat usaha dan tempat-tempat hiburan.

Reynold Ubra selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Mimika dalam jumpa persnya mengatakan, pembatasan aktivitas masyarakat mulai tanggal 24 September sampai  tanggal 7 Oktober. Pembatasan ini juga dibarengi dengan sanksi yang tegas, baik itu kepada perorangan maupun kepada pemilik usaha.

"Pembatasan mulai berlaku besok, dan kita akan lakukan sosialisasi selama 4 hari mulai tanggal 24 sampai tanggal 28 September atau mulai hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu," ungkapnya.

Terkait sanksi perorangan, Reynold menjelaskan berupa sanksi sosial, sedangkan sanksi kepada pemilik usaha berupa mencabut izin usaha, ketika sanksi teguran yang dilayangkan tidak diindahkan.

"Pembatasan ini akan kembali dievaluasi, dan jika selama pembatasan diberlakukan kasus masih saja meningkat, maka pemerintah akan memperpendek aktivitas masyarakat hingga pukul 19:00  WIT atau jam 7 malam saja," kata Reynold.

Selama pembatasan, fasilitas ruang pertemuan, rapat, acara pernikahan diizinkan maksimal 50 persen, berlaku juga bagi alat transportasi umum, sementara itu pengelolaan hotel tidak diperbolehkan menyediakan makan dan minuman di restoran, sedangkan bagi penyedia rumah makan tidak diizinkan makan di tempat.

Terhadap aktivitas perdagangan, Kepala Dinas Kesehatan itu mengatakan, semua dipusatkan di pasar sentral. Untuk aktivitas perkantoran tetap diberlakukan 25 persen.

"Intinya, Pemerintah tidak ingin masyarakat terpapar, juga tidak ingin masyarakat lapar, dan Pemkab Mimika tidak ingin ekonomi masyarakat terkapar," ujar Reynold. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus