Penyerangan Terhadap Tukang Ojek di Intan Jaya Sudah Dipersiapkan Sebelumnya

Bagikan Bagikan
Asops Kogabwilhan III, Brigjen TNI Suswatyo (Foto:SAPA/Kristin)


SAPA (TIMIKA) - Asop Kogabwilhan III,  Brigjen Suswatyo saat ditemui Salam Papua di Waanal Coffee & Resto Timika, Rabu (16/9/2020) menjelaskan penyerangan yang diduga dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap dua tukang ojek di Sugapa Kabupaten Intan Jaya, Laode Anas Munawir (33) dan Fathur Rahman (23), sudah dipersiapkan sebelumnya.

Brigjen Suswatyo mengungkapkan, berdasarkan keterangan Faturahman dan Laode, yang merupakan korban penembakan, kronologis kejadiannya saat itu kedua korban yang berprofesi sebagai tukang ojek tersebut tiba-tiba dihentikan oleh sekelompok orang yang mukanya tidak dikenali karena menyamar dengan cara diberi warna hitam pada muka mereka.

"Mereka yang tahan pakai nyamar mukanya. Mereka sudah ada persiapan lalu melakukan penyerangan terhadap dua orang tukang ojek," katanya.

Menurut Brigjen Suswatyo, salah satu korban bernama Laode menceritakan bahwa pada saat kejadian penyerangan tersebut, dirinya sedang membonceng seorang pendeta, namun pendeta tersebut selamat.

"Sebagai tukang ojek tentunya mereka juga tidak menyangka mereka dihentikan, terus tiba-tiba dikejar, lalu saat hendak melarikan diri, mereka ditembak, kemudian yang Laode saat itu membonceng pendeta, tapi saya rasa pendetanya selamat," ungkapnya.

Dia mengaku, untuk situasi di Sugapa saat ini baik-baik saja. Diperkirakan usai kejadian tersebut, KKSB tersebut sudah kembali ke daerah asalnya yakni Intan Jaya.

"Begitu kami mendapat berita penembakan tersebut, kami tentunya segera menyampaikan ke pos TNI terdekat kebetulan yang terdekat adalah Yonif Raider 400, paling tidak mereka menindak lanjuti itu karena mereka (pelaku, Red) bersenjata, jangan sampai ini menjadi teror kepada masyarakat sehingga akan mengganggu jalannya sosial masyarakat di sana. Dan untuk kelompok pelaku, sementara masih kita dalami," ujarnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar