Petugas Sensus di Mimika Akan Jalan dari Rumah ke Rumah Warga

Bagikan Bagikan
Pemasangan rompi dan tenda petugas sensus oleh Kadisdukcapil Mimika dan Kepala BPS (Foto:SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA) – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Mimika, Ir. Trisno Tamanampo mengingatkan agar seluruh petugas sensus penduduk di seluruh Distrik harus jalan dari rumah ke rumah warga di wilayah tugasnya masing-masing agar tidak ada warga yang terlewatkan dalam proses pendataan.

“Karena targetnya adalah jangan sampai ada KK yang terlewatkan,” ungkap Ir. Trisno usai melepas 430 petugas sensus di halaman kantor BPS, Selasa (1/9/2020).

Setiap petugas sensus menurut dia, telah dilengkapi dengan peta RT dan harus menjalin kerja sama bersama Ketua RT setempat. Sensus penduduk tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya lantaran telah menggunakan sistem kombinasi yang menggunakan  data dari Dinas Dukcapil sebagai basis data yang telah terekam di bulan Juni tahun 2019. Selanjutnya ditambah dengan data hasil sensus online sejak bulan Februari hingga Mei.

“Data itu nanti yang menjadi basis data untuk digunakan oleh petugas di lapangan. Yang pertama ditemui para petugas sensus adalah Ketua RT setempat guna memverifikasi data guna selanjutnya dicek kebenarannya,” jelasnya.

Selanjutnya data yang telah diverifikasi bersama RT akan dibuktikan lagi pada verifikasi lapangan dengan pendataan dari rumah ke rumah. Dengan demikian, jika dalam sensus tersebut ada data yang tidak ditemukan maka akan diketahui di data petugas yang berjalan di RT lain.

“Daftar verifikasi bersama RT Itu menjadi patokan guna mengetahui adanya warga yang sama sekali belum merekam. Dengan peta itu mereka tandai rumah mana yang warganya belum didata, sehingga bisa balik lagi,” ungkapnya.

430 petugas sensus ini didominasi oleh petugas yang baru direkrut. Setiap petugas ditargetkan bisa menjangkau tiga hingga lima RT selama satu bulan sesuai jumlah KK yang ada.

“Ada tim teknis yang mengatur para petugas sensus ya. Makanya mereka sudah diatur untuk satu petugas itu harus mengerjakan tiga sampai lima RT,” katanya.

Kewajiban petugas sensus adalah membuat laporan secara rutin. Sebab, ada RT khusus yang dipercayai untuk meneliti sejauh mana petugas sensus ini melakukan pendataan secara benar.

Dalam pantauan Salam Papua, pelepasan ratusan petugas sensus ini dihadiri oleh Kepala Dinas Dukcapil Mimika, Slamet Sutejo. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar