Produk Buah dan Sayuran dari Surabaya Ramaikan Pasar Timika

Bagikan Bagikan
Petugas karantina saat memeriksa buah dan sayuran (Foto:Istimewa)


SAPA (TIMIKA) -  Pejabat Karantina sigap melakukan pemeriksaan terhadap masuknya buah-buahan dan sayuran segar di wilayah kerja Pelabuhan Pomako pada Jumat (4/9/2020).

Komoditas buah yang masuk dan meramaikan pasar Timika tersebut dikirim dari Surabaya seberat 12 ton dilalulintaskan menggunakan transportasi laut kargo dengan pendingin, yang menempuh waktu 10 hari.

Produk buah dan sayuran segar dikemas menggunakan karton dan plastik, kemudian peti kemas dilengkapi sarana pendingin agar kesegaran produk terjaga dan lebih tahan lama.

Sebelum diperjual belikan di dalam kota Mimika, pejabat Karantina terlebih dahulu melakukan tindakan pemeriksaan terhadap dokumen persyaratan yang diterbitkan di daerah asal.

Muhtar selaku Pejabat Karantina yang bertugas mengatakan, tujuan dilakukannya pemeriksaan administrasi adalah untuk mengetahui kelengkapan, kebenaran isi, dan keabsahan dokumen yang dipersyaratkan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 21 tahun 2019.

"Apabila dokumen persyaratan dinyatakan sah dan lengkap, barulah komoditas tersebut dapat diterbitkan sertifikat pelepasan karantina," katanya.

Berdasarkan data IQFast, pandemi yang melanda Negeri ini tak terlalu mempengaruhi volume pemasukan komoditas hortikultura tersebut. Periode Januari-Agustus tahun 2020 tidak terjadi lonjakan atau penurunan signifikan jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019.

"Hal ini menunjukan bahwa petani holtikultura di Indonesia tetap berproduksi meskipun di tengah wabah Covid-19. Semoga di era kenormalan baru ini produk pangan kita tetap terjaga ketersediaannya di pasar agar masyarakat mudah memperoleh untuk pemenuhan kebutuhan pokoknya," tuturnya. (Kristin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar