Ratusan Pasutri di Mimika Memutuskan Bercerai

Bagikan Bagikan
Hakim Kantor Pengadilan Agama Mimika, Ahmad  Zubaidi (Foto:SAPA/Jefri)


SAPA (TIMIKA) - Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Mimika mencatat sebanyak 126 kasus perkara  yang dilayangkan, terhitung mulai bulan Januari 2020 hingga tanggal 20 September tahun 2020.

Hakim Kantor Pengadilan Agama Mimika, Ahmad  Zubaidi menuturkan 126 kasus tersebut dengan perkara yang berbeda-beda yakni kasus perceraian, pembagian harta warisan atau harta gono gini, hak asuh anak, serta permohonan pembatalan nikah dan itu juga dari kalangan yang berbeda-beda, baik itu dari PNS dan non PNS.

Dari 126 perkara yang diajukan tersebut, 90 persennya merupakan permasalahan perceraian.

Kepada wartawan, Ahmad mengatakan sejak kasus awal covid-19 di Kabupaten Mimika terhitung dari bulan Maret hingga bulan Juni, jumlah perkara yang masuk sedikit, namun setelah diterapkan new normal covid-19,  yang mengajukan perceraian kembali meningkat.

"Permasalahan perceraian ini dominan dari  pihak perempuan yang paling banyak mengajukan, karena faktor ekonomi.  Dari faktor ekonomi mulai muncul pertengkaran yang berujung kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Ekonomi memang menjadi salah satu hal yang paling sensitif, sehingga lebih banyak berujung pada perceraian," ujar Ahmad.

Dalam kasus perceraian ini, rata-rata merupakan usia pernikahan baru berjalan 2 tahun. Di samping itu, ada juga yang di atas puluhan tahun, namun ada juga yang hanya beberapa bulan sudah mengajukan perceraian, dan ini lebih banyak anak-anak yang tidak bekerja serta hanya mengharapkan subsidi dari orang tua.

Dari jumlah kasus yang ada, 95 perkara di antaranya telah diputuskan. Sebagian kecil yang kembali membangun rumah tangga yang baik, tetapi sebagian besar tetap pada prinsip untuk tetap bercerai, karena bagi mereka perceraian merupakan jalan terkahir untuk menyelesaikan masalah.

"Pada prinsipnya UU memerintahkan kami di pengadilan Agama untuk mempersulit perceraian tersebut, karena sebetulnya perceraian itu dilarang oleh Allah. Jadi di pengadilan, setiap ada sidang perceraian, kita tidak langsung memutuskan namun kita terlebih dahulu memberikan mereka nasihat dan juga melakukan mediasi sehingga kasus tersebut mungkin ada titik terang dari kedua bela pihak untuk kembali bersatu dan tidak melanjutkan perceraian, tapi sebagian besar mereka tetap ngotot untuk bercerai," ungkapnya. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

4 komentar:

  1. Hai teman
    Nama saya Asep Darjat.
    Saya orang Indonesia, Dari Jakarta
    Saya sangat senang dan sangat berterima kasih kepada Ibu Deborah Avant. Saya baru saja mendapatkan pinjaman saya dan cepat, aman, dan 100% sah. Anda juga bisa mendapatkan milik Anda. Kirim email kepadanya jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun melalui
    email: avantloanson@gmail.com
    WhatsApp: +6281334785906

    BalasHapus
  2. Selamat siang untuk semuanya, nama saya Steven Nesty Binti, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp10,7 juta, untuk seorang pria di Afrika.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, sehingga saya berdiskusi dengan teman saya Bu Tieka Melawati (tiemelaw@gmail.com) yang kemudian memperkenalkan saya dengan Bu Deborah, Manajer Kantor Pinjaman AVANT, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Nyonya Deborah. Jadi saya menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +6281334785906

    Saya mengajukan pinjaman Rp 380 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu setengah jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp380 juta. Saya sangat senang akhirnya Tuhan menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberikan keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Bu Deborah untuk memberikan kehidupan yang adil bagi saya, maka dari itu saya berpesan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Bu Deborah melalui email: (avantloanson@gmail.com)
    atau melalui
    WhatsApp: +6281334785906 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (nestybintisteven@gmail.com) Salam

    BalasHapus
  3. Halo,
    Nama saya ANITA LANSAM (lansamanita@gmail.com) dari Tambun, Indonesia Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH yang telah mengakhiri penderitaan saya melalui Avants Loans karena telah memberikan pinjaman sebesar Rp280.000.000,00. Bagi yang sedang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena banyak sekali lender palsu dimana-mana, hanya sedikit yang asli. Saya mengatakan ini karena saya scammed hampir Rp40jt. Hanya PINJAMAN AVANT yang nyata dan tepercaya karena mereka mentransfer pinjaman saya ke akun saya tanpa menghabiskan banyak waktu. Mereka yang mencari pinjaman online asli dan sah harus menghubungi AVANTS LOAN melalui
    Email: (avantloanson@gmail.com)
    Whatsapp: (+6281334785906)

    BalasHapus
  4. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus