Rencana Kawasan Kota Baru Mimika Akan Seperti Kuala Kencana yang Ramah Lingkungan

Bagikan Bagikan
Kawasan Kuala Kencana (Dok:SAPA)


SAPA (TIMIKA) - Kepala Bappeda Kabupaten Mimika, Yohana Paliling mengatakan, sesuai rencana dan permintaan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng,SE,MH, Penyusunan Rencana Detail Tara Ruang (RDTR) Kawasan Kota Baru Kabupaten Mimika sama seperti Kuala Kencana.

Yohana mengungkapkan, kawasan Kota Baru harus seperti Kuala Kencana, baik itu penataan pemukimannya, airnya, termasuk pembuangan limbahnya.

"Kita harus menghayal tinggi, minimal seperti kuala Kencana, dan ini masih awal. Kita akan berusaha, apa yang menjadi tujuan kita bisa tercapai, dan kita akan minta saran dari pengelola Kuala Kencana agar kawasan Kota Baru yang direncanakan sesuai, " ungkap Yohana dalam seminar RDTR Kawasan Kota Baru yang digelar di Kantor Bappeda, Kamis (17/9/2020).

Penyusunan RDTR ini untuk mengurangi kesenjangan di dalam Kota Timika, juga untuk menjawab pemukiman di kota Timika yang semakin padat dari waktu ke waktu, dan tentunya kawasan Kota Baru diatur dalam dokumen RDTR dengan regulasi yang jelas, sehingga kota lebih tertata rapi.

Menurut dia, rencana ke depan, Mimika akan menjadi kota industri dan setidaknya harus ada penentuan kawasan yang jelas sehingga bisa menjadi kawasan ramah lingkungan.

"Agar kawasan Kota Baru bisa menjadi harapan kita semua, dalam penyusunan RDTR  harus ada keterlibatan banyak pihak  termasuk masyarakat sebagai hak ulayat, dan RDTR Kawasan Kota Baru diharapkan pula dapat meningkatkan fungsi dan peran kawasan di dalamnya sehingga memiliki nilai ekonomis tidak hanya tingkat lokal akan tetapi juga internasional," ujarnya.

Nilai ekonomi yang dimaksud adalah dengan adanya zonasi produktifitas wilayah meningkat. Contohnya, wilayah tersebut jika dikhususkan untuk perkebunan, maka tidak ada bangunan lain di wilayah tersebut.

"RDTR yang disusun juga diharapkan menjadi landasan bagi Pemerintah Daerah dalam membuat Peraturan Daerah (Perda) yang selaras antara pembangunan fisik dan lingkungan. Selain itu dapat mewujudkan kawasan perkotaan yang strategis dan produktif serta berkelanjutan," terangnya.

Mantan Kepala Dinas Pertanian itu menjelaskan kawasan Kota Baru nantinya akan meliputi lima distrik yakni Mimika Baru, Iwaka, Wania, Kuala Kencana dan Mimika Timur dengan total luas cakupan wilayah adalah 29.696,91 Ha. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar