Sampah Hiasi Kota Timika, Sanksi Perda dan Peran RT Dipertanyakan

Bagikan Bagikan
Tumpukan sampah di pertigaan Jalan Ahmad Yani ke arah PLN dan jalan masuk eks pasar lama Timika (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Hingga saat ini sampah masyarakat masih berhamburan di beberapa titik kota Timika lantaran tidak adanya ketaatan warga atas waktu dan tempat untuk membuang sampah sesuai Perda yang telah ditetapkan Pemkab Mimika.

Salah satu titik dengan sampah yang merusak pemandangan dan menyebabkan polusi udara adalah di tepi jalan Ahmad Yani Tembusan PLN tepatnya di pertigaan PIN Seluler jalan masuk eks pasar lama, Kelurahan Koperapoka.

Sekira Pukul 10.30 WIT tanggal 28 September, Salam Papua sempat mengabadikan sampah yang menumpuk dan berserakan tersebut di atas jam operasional petugas pengangkut sampah.

Wakil I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme mengatakan, kondisi ini terjadi lantaran tidak adanya sanksi tegas atas Perda sampah yang telah diterbitkan Pemkab Mimika. Selain itu peran Lurah dan RT juga tidak aktif, sehingga masyarakat Mimika tetap melanggar Perda yang ada, padahal Pemkab Mimika melalui DLH telah mendelegasikan tugas ke Kelurahan dan RT yang disertai dengan bantuan roda tiga pengangkut sampah.

“Sanksi Perda itu tidak dijalankan dan jadinya hanya formalitas saja. Makanya  tidak ada efek jera bagi masyarakat. Lurah dan RT itu bagaimana? Padahal sudah didelegasikan oleh Pemkab,” ungkap Aleks, Selasa (29/9/2020).

Dengan kondisi seperti ini, Mimika tidak hanya dijuluki sebagai Kota Emas, tapi juga sebagai kota Sampah. Karena itu, salah satu solusinya adalah dengan memperketat pengawasan serta menerapkan sanksi yang tertuang dalam Perda terkait.

Untuk pengawasan, piket PolPP harus diaktifkan kembali. Demikian juga, Kelurahan dan RT harus membentuk tim khusus agar bisa memberi teguran kepada warga.

“Siapapun warga yang kedapatan melanggar waktu dan membuang sampah di sembarang tempat, harus dikenai sanksi supaya ada efek jera,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, yang lebih tahu pasti titik untuk dibangun TPS di tiap kelurahan adalah pemerintah setempat. Dengan demikian, jika terkendala dengan lahan maka jalan lainnya adalah dengan memperbanyak persediaan tong sampah di setiap komplek warga yaitu di RT-RT. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus