Sisa Mahasiswa Eksodus di Mimika Minta Dikembalikan ke Kota Studi

Bagikan Bagikan
Kabag SDM Kabupaten Mimika, Martinus J. Nuboba (Foto:SAPA/Jefri Manehat)


SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 90 pelajar dan mahasiswa eksodus pada Senin (7/9/2020) mendatangi kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika bertemu dengan Kepala Bagian (Kabag) Sumber Daya Manusia (SDM) meminta agar mereka dikembalikan ke setiap kota studi masing-masing.

Kabag SDM, Marthinus J. Nuboba mengatakan saat ini bagian SDM sedang mendata para mahasiswa eksodus yang masih tersisa, dimana data sebelumnya jumlah mahasiswa yang dibiayai Pemkab Mimika adalah sebanyak 106 orang.

Dari jumlah tersebut sebagian sudah kembali ke kota studi. Dan hari ini, mahasiswa eksodus yang masih berada di Mimika yang dibiayai Pemkab Mimika tersebut datang meminta agar mereka dikembalikan ke kota studi.

Marthinus mengaku, Pemkab Mimika akan memfasilitasi para mahasiswa tersebut untuk kembali ke kota studi, karena dinilai para mahasiswa tersebut memiliki niat untuk kembali belajar.

“Kami akan mengusahakan sisa mahasiswa eksodus tersebut kembali ke kita studi. Kami minta mereka berkomunikasi dulu dengan sekolahnya apakah mereka masih aktif atau tidak? Kalau masih aktif maka kami bisa cari jalan supaya mereka kembali," ujarnya.

Martinus yang baru menjabat sebagai Kabag SDM menggantikan Hengky Amisim itu mengatakan hal ini dilakukan oleh Pemkab Mimika semata-mata karena para pelajar dan mahasiswa adalah generasi penerus Kabupaten Mimika.

"Sebagai pemerintah kita harus bisa menjadikan generasi penerus yang kelak akan membangun Negeri sendiri. Kalau kita tidak perhatikan mereka secara serius, nanti terjadi sesuatu dan pemerintah yang disalahkan. Oleh sebab itu mereka harus tetap konsentrasi belajar dengan serius," tegasnya.

Agar mahasiswa dan pelajar bisa fokus belajar, Pemkab Mimika juga memastikan tidak ada lagi masalah soal kontrakan dan juga asrama.

"Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak kembali lagi bersekolah. Kita berharap agar para pelajar dan mahasiswa dengan sungguh-sungguh dan tetap berkonsentrasi dalam belajar hingga selesai menempuh pendidikan," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, tahun depan Pemkab akan mengevaluasi pemberian beasiswa kepada para pelajar dan mahasiswa supaya ada target nilai yang harus dicapai, demi mendorong mereka agar dapat bersaing dan terus belajar. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar