Tembagapura Zona Kuning, Freeport Tetap Perketat Protokol Kesehatan, Tracing dan Testing

Bagikan Bagikan
Tembagapura (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) - Dengan upaya kuat dan memperketat protokol kesehatan, hingga saat ini jumlah pasien covid-19 di Tembagapura tersisa hanya kurang lebih delapan orang, sehingga Tembagapura pun tercatat sebagai zona kuning.

Jubir Satgas Covid-19 PT. Freeport Indonesia (PTFI), Joni Lingga mengaku bahwa delapan orang dengan positif covid-19 tersebut dalam kondisi membaik dan hanya menjalani isolasi secara mandiri.

"Kurang lebih delapan orang dan itu juga tidak ada yang dirawat di RS, tapi hanya diisolasi saja. Intinya mereka dalam kondisi membaik," ungkap Joni saat dihubungi via telepon, Kamis (24/9/2020).

Dijelaskan, meski saat ini telah berstatus zona kuning, PTFI tidak akan kendor untuk tetap memperketat jalannya protokol kesehatan covid-19 agar bisa menjadi zona hijau, dengan cara tetap konsisten melakukan teaching, Swab dan perawatan. Sebab menurut dia, sejak ditemukannya kasus positif di wilayah Tembagapura, kebanyakan tidak bergejala.

"Intinya sejak awal PTFI tidak pernah melonggarkan mengenai protokol kesehatan. RS juga standby dengan segala macam peralatan,” jelasnya.

Pengawasan protokol kesehatan, kampanye melalui TV PTFI dan melalui selebaran tetap dilaksanakan. Bahkan dalam setiap rapat kerja, sosialisasi pencegahan covid-19 menjadi materi pokok agar tetap mengenakan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Di sisi lain, sejak ditemukan klaster untuk wilayah Portsite, pihaknya tetap melakukan pemeriksaan massal. Dan pada tes massal tersebut, ternyata juga ditemukan kurang lebih 100 orang dan langsung di antar ke mile 38 guna diisolasi.

"Begitu kita temukan yang hasil reaktif di wilayah Portsite, langsung dibawa ke mile 32 untuk diisolasi dan dilanjutkan dengan tes PCR. Kita sudah lakukan 900 PCR test di wilayah Portsite dan akan terus diulangi. Intinya kami tidak pernah kendor untuk lakukan Tracing, Testing dan Dirawat," katanya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar