Wilayah Portsite Freeport Jadi Kluster Baru dan Masuk Daftar Zona Merah Covid-19 di Mimika

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Penyebaran kasus positif covid-19 di wilayah Amamapare Portsite PT Freeport Indonesia (PTFI), Distrik Mimika Timur Jauh terus meningkat. Kini ini wilayah ini telah ditetapkan masuk dalam daftar zona merah dan juga menjadi kluster baru penyebaran covid-19.

Juru bicara tim Satuan Tugas (Satgas) covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra sebelumnya mengungkapkan bahwa kasus baru di wilayah Portsite itu merupakan karyawan yang baru pulang cuti, dan kata Dia wilayah tersebut sudah bisa dikatakan sebagai kluster baru karena sudah menjadi transmisi lokal.

Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Kerry Yarangga kepada Salam Papua pada Selasa (8/9/ 2020) mengatakan upaya pencegahan dan pengendalian tetap dan terus lakukan oleh PTFI, baik itu di wilayah Tembagapura maupun di wilayah Portsite yang kini menjadi kluster baru.

"Untuk penetapan diagnosa kita mulai dengan pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan gejala lain, Rapid dan Swab. Semua langkah-langkah ini diambil bukan untuk mempersulit karyawan tetapi lebih khusus untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para pekerja. Dan sampai saat ini kita mampu menjaga angka kesembuhan di atas 85%. Meski begitu kita tetap menyadari betul bahwa Covid-19 belum selesai. Protokol kesehatan tetap diingatkan kepada semua karyawan seperti cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak, karena dengan mengikuti protokol kesehatan karyawan di tempat kerja akan melindungi keluarga dan masyarakat di sekitar area operasi perusahaan," ungkap Kerry melalui pesan Whatsapp.

Mewakili management PTFI, Kerry berharap semua karyawan dan keluarga tetap sehat, sehingga operasi perusahaan tetap berjalan. Ia juga meminta dukungan semua pihak, agar PTFI senantiasa tetap beroperasi di tengah-tengah tantangan Covid-19 ini.

Diketahui, update Penyebaran Kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika pada Senin 7 September 2020, ada penambahan 11 kasus baru positif covid-19, dimana 6 kasus dari Kampung Amamapare Portsite Distrik Mimika Timur Jauh, 4 kasus dari Distrik Tembagapura dan 1 kasus Distrik Mimika Baru.

Dilaporkan juga 20 pasien dinyatakan sembuh, dimana di Portsite Distrik Mimika Timur Jauh ada 13 pasien dinyatakan sembuh, di Distrik Tembagapura 3 dinyatakan sembuh, Distrik Mimika Baru 2 orang dinyatakan sembuh dan Distrik Wania 2 orang dinyatakan sembuh. Dengan demikian kumulatif kasus positif covid-19 berjumlah 862, sedangkan total yang sembuh 717 orang, sehingga kasus aktif covid-19 berjumlah 134.

Persebaran Distrik, Kelurahan dan Kampung menurut skala kasus penularan,  status zona KUNING menurut Distrik yaitu Distrik Kuala Kencana, Status Zona MERAH menurut Distrik yaitu Distrik Mimika Baru, Distrik Tembagapura, Distrik Mimika Timur Jauh & Distrik Wania. (Jefri  Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar