Yayasan Generasi Amungme Bangkit Gelar Pertandingan Futsal Persatukan Semua Etnis di Timika

Bagikan Bagikan
Ketua Yayasan GAB, Menuel Jhon Magal,S.E didampingi pengurus Yayasan GAB saat jumpa pers (Foto:SAPA/Acik)


SAPA (TIMIKA) – Dalam rangka HUT ke-6 (Lustrum 1) tanggal 15 Oktober mendatang, dengan mengangkat tema "Bersatu dalam Perbedaan, Berbeda dalam Persatuan", Yayasan Generasi Amungme Bangkit (GAB) menggelar turnamen Sepak Bola Gawang Mini (Futsal) pada tanggal 19 September hingga 12 Oktober 2020 di lapangan samping Gedung Eme Neme Timika.

Ketua Yayasan GAB, Menuel Jhon Magal,S.E mengharapkan agar turnamen ini  diikuti oleh masyarakat umum dari berbagai suku atau etnis yang ada di Timika, karena akan memperebutkan hadiah total senilai Rp 100.000.000.

Terlepas dari total hadiahnya, menurut dia, kompetisi futsal ini diadakan dengan tujuan untuk menjalin persatuan di antara masyarakat Mimika dari berbagai suku atau etnis.

“Kompetisi ini sekedar media, tujuan utamanya adalah rasa bersatu di kalangan anak muda yang berbeda-beda di Timika. Perbedaan itu merupakan keniscayaan, kenyataan yang pasti kita terima, dan persatuan merupakan keharusan, yang harus kita perjuangkan untuk menjadi kenyataan. Oleh karena itu tema kompetisi adalah "Bersatu dalam Perbedaan, Berbeda dalam Persatuan" ungkapnya saat  jumpa pers di kantor Yayasan GAB di Jalan Perjuangan, Timika Indah, Rabu (16/9/2020).

Tujuan di atas menjadi penting dan mendesak, mengingat bahwa persoalan SARA di Timika, bukanlah masalah Agama seperti di tempat-tempat lain di Indonesia, melainkan masalah Suku atau Etnis. Dan keadaan masalah tersebut semakin diperkuat dengan banyaknya konsolidasi masyarakat berdasarkan suku atau etnis.

Dijelaskan bahwa  masyarakat tinggal di daerah tertentu, dengan suku yang sama. Organisasi masyarakat (Ormas) juga berdasarkan suku. Dengan demikian, masyarakat menjadi tersekat-sekat. Sementara saluran perekat di antara mereka sangat minim.

“Pada tahun 2020 ini Yayasan GAB genap berusia 6 tahun. Lustrum I tahun ini Yayasan GAB mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten Mimika bersatu dalam perbedaan dan melalui kegiatan olah raga diharapkan Yayasan ini terus merekatkan masyarakat,” jelas Menuel.

Lebih lanjut ia mengaku bahwa Yayasan GAB ini baru berdiri selama lima tahun dan kegiatan dengan tujuan mempererat kebersamaan seluruh suku di Mimika adalah menjadi mimpi utama. Bermula dari perjuangan Yayasan GAB membina generasi muda Amungme dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, sehingga turnamen yang akan digelar juga mengedepankan semangat generasi muda.

“Kami berharap turnamen ini dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Timika. Tim yang terdaftar saat ini  sudah mencapai tiga puluhan lebih yang terdiri dari tim putra dan putri,” ungkapnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar