3.228 Karyawan di Mimika Dirumahkan Selama Pandemi Covid-19

Bagikan Bagikan
(Foto:Ilustrasi)

SAPA (TIMIKA) - Dampak dari pandemi covid-19, Disnaker Kabupaten Mimika mencatat sebanyak 59 perusahaan di Mimika yang merumahkan karyawannya.

Kepala Disnaker, Paulus Yanengga pada Senin (19/10/2020) mengungkapkan ada 3.228 karyawan yang dirumahkan karena adanya pandemi covid-19.

Dari jumlah karyawan yang dirumahkan, menurut Yanengga didominasi karyawan PT. Freeport Indonesia (PTFI), dan sebagian merupakan karyawan yang bekerja pada perusahaan-perusahaan di Timika.

“Mereka ini hanya dirumahkan bukan PHK (pemutusan hubungan kerja), mereka masih  terima upah hanya saja belum kembali bekerja, rencana hari Rabu kita akan turun pantau, yang dirumahkan ini sudah kembali bekerja atau belum, dan bagaimana dengan upah mereka tetap dibayar atau tidak lagi,’ ujar Yanengga.

Karyawan yang dirumahkan ini, Yanengga menjelaskan sebagian merupakan karyawan yang memiliki penyakit lain termasuk yang sedang menjalankan masa cuti, dan karena bertepatan dengan adanya pandemi covid-19 sehingga belum diizinkan untuk pulang atau kembali bekerja.

Terkait Komitmen perusahaan apakah akan kembali mempekerjakan karyawan yang sementara dirumah atau tidak? Yanengga mengatakan, pihaknya akan turun lapangan untuk memastikan itu.

Dia juga  menyebutkan bahwa banyak karyawan yang mengadukan hal tersebut ke Disnaker. Dan untuk penyelesaiannya, Disnaker telah melakukan mediasi untuk menyelesaikan pengaduan tersebut. Terhitung dari Januari hingga Oktober ini, sebanyak 34 aduan yang berhasil dimediasi oleh Disnaker. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus