Andy Noya Ajak Tumbuhkan Empati Agar Hidup Lebih Bermakna

Bagikan Bagikan

Jurnalis senior Andy F Noya. (Foato-Antara)

SAPA (JAKARTA)
- Wartawan yang juga pegiat sosial Andy F. Noya mengajak jajaran Kementerian Sosial untuk bekerja bukan hanya sebagai kewajiban, tetapi juga menumbuhkan empati agar hidup lebih bermakna.

 

"Sebagai manusia ada yang esensial, bagaimana kita selama hidup punya arti. Kalau kemarin-kemarin kerja di Kemensos ya sudah karena harus bekerja, tapi sebenarnya lebih dari itu. Anda di Kemensos punya kesempatan berbuat banyak bagi orang lain," kata Andy yang berbagi pengalaman sebagai pegiat sosial dalam Virtual Town Hall Meeting Kemensos di Jakarta, Jumat.

 

Dalam kegiatan daring yang juga dihadiri Menteri Sosial Juliari P. Batubara tersebut, presenter Kick Andy itu menceritakan awal mula terjun ke kegiatan sosial.

 

Hal tersebut dilatarbelakangi masa lalunya yang juga hidup dalam kemiskinan dan berasal dari keluarga yang tidak utuh.

 

Karena masa lalu yang pahit itulah ia tidak bisa menutup mata dan nuraninya ketika melihat berbagai permasalahan sosial, terlebih dengan profesinya sebagai wartawan bisa melihat banyak sudut pandang yang berbeda.

 

"Kalau kita lihat banyak orang yang kesusahan di luar sana, ujung-ujungnya kita bertanya pada diri sendiri apakah pekerjaan kita sudah bermanfaat bagi orang lain?" ujar Andy.

 

Karena itu, ia sepakat dengan Menteri Sosial Juliari P. Batubara yang dalam sambutannya mengatakan bahwa bekerja bukan hanya karena digaji oleh negara, tetapi panggilan jiwa.

 

Kemensos diberikan tanggung jawab yang besar untuk menangani berbagai permasalahan sosial, termasuk kemiskinan, dan dengan anggaran yang mencapai Rp134 triliun, menurut Andy, sangat luar biasa sehingga punya kemampuan untuk menolong orang-orang yang membutuhkan.

 

"Anda hari ini diberi kesempatan untuk berbuat baik, mungkin anda tidak sadar peluang anda bekerja lebih baik menolong saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata Andy kepada peserta pertemuan virtual yang merupakan jajaran Kemensos.

 

Menurut dia, bekerja di Kemensos punya nilai lebih dibandingkan dengan tempat lain karena langsung bersentuhan dengan masyarakat yang kesusahan. (Antara)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar