Dana BOS Tahap II 2020 SMPN 2 dan SMPN 8 Timika Dikelola Mantan Kepala Sekolahnya

Bagikan Bagikan
Kepala Sekolah SMPN 2 Timika, Matheus Sedan,S.Pd (Foto:SAPA/Acik)

SAPA (TIMIKA) – Atas kesepakatan bersama, Dana BOS tahap II SMPN 2 dan SMPN 8 Timika telah diterima dan dikelola masing-masing mantan Kepala sekolahnya untuk membayar utang pembiayaan operasional sekolah sebelum dana BOS tersebut cair.

Kepsek baru SMPN 2 Mimika, Matheus Sedan,S.Pd mengatakan, saat ini pihaknya tidak menggunakan dana BOS tahap II tahun 2020 untuk operasional SMPN 2 karena digunakan mantan Kepala sekolah yang saat ini menjabat sebagai Kepala sekolah di SMPN 8 Mimika untuk membayar semua utang operasional selama menjabat sebagai Kepala sekolah di SMPN 2.


Matheus yang adalah mantan Kepala sekolah SMPN 8 mengaku, dirinya juga melakukan hal yang sama sewaktu meninggalkan kepemimpinannya di SMPN 8. Dimana dana BOS tahap II tahun 2020 untuk SMPN 8 juga digunakan oleh dirinya untuk membayar semua utang operasional selama menjabat sebagai Kepala sekolah di SMPN 8.

“Dana BOS tahap II untuk SMPN 2 ini memang saya yang tandatangan untuk pencairannya, tapi yang kelola Kepsek lama dengan tujuan untuk membayar utang-utang operasional SMPN 2 saat menjabat. Hal yang sama juga berlaku di SMPN 8. Dimana Kepala sekolah SMPN 8 yang kini menjabat (yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala sekolah SMPN 2, Red), juga telah menandatangani pencairan dana BOS di SMPN 8 namun dipakai oleh saya selaku mantan Kepala sekolah untuk membayar utang operasional sekolah,” ungkap Matheus, Kamis (1/10/2020).


Menurut dia, dirinya yang sebelumnya sebagai Kepala sekolah SMPN 8 dan mantan Kepala sekolah SMPN 2 mengalami pertukaran kepemimpinan di kedua sekolah Negeri di kota Timika tersebut. Dan mekanisme penggunaan dana BOS tahap II untuk membayar utang di masing-masing sekolah lama yang pernah dipimpin merupakan kesepakatan bersama yang sebelumnya telah difasilitasi oleh Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Manto Ginting, dan juga dihadiri oleh 2 Kepala sekolah SMP Negeri lainnya di dalam kota Timika.

“Hal tersebut memang sudah menjadi kesepakatan bersama di antara kami, yang difasilitasi oleh pak Manto Ginting, dimana saat itu dihadiri oleh 4 Kepala sekolah SMP Negeri di dalam kota Timika,” ungkapnya.

Terkait laporan pertanggungjawaban (LPJ) untuk dana BOS tahap II SMPN 8, dia menegaskan akan diserahkan kepada Kepala sekolah SMPN 8 yang saat ini menjabat.

“LPJ untuk dana BOS tersebut saat ini sedang dikerjakan, dan jika sudah selesai, saya akan serahkan kepada Kepala sekolah SMPN 8,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi Salam Papua di hari yang sama kepada Kepala sekolah SMPN 8, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala sekolah SMPN 2, Tania Sihombing,S.Pd,M.Pd membenarkan hal tersebut.

Tania mengatakan, penggunaan dana BOS tahap II untuk membayar utang-utang di sekolah yang dipimpin sebelumnya oleh kedua belah pihak merupakan arahan Kasi Kurikulum Disdik Mimika.

“Ya, memang benar seperti itu, karena itu merupakan arahan pak Manto Ginting selaku Kasi Kurikulum. Dan di depan beliau, kami berdua khususnya telah sepakat melakukan hal tersebut supaya kami masing-masing tidak meninggalkan ‘PR’ di sekolah lama,” kata Tania.

Dia pun juga mengaku bahwa saat ini pihaknya sedang dalam proses pengerjaan LPJ penggunaan dana BOS tersebut dan berkomitmen menyerahkannya kepada Kepala sekolah SMPN 2 jika telah selesai disusun.

“Untuk LPJ-nya masih sementara dikerjakan karena memang dana BOS tahap II tersebut baru dicairkan tanggal 31 Agustus yang lalu. Jika sudah selesai, pasti saya serahkan kepada Kepala sekolahnya,” ungkapnya. (Acik/Red)




Redaksi Salam Papua memohon maaf, Judul dan Isi berita ini diubah karena telah dilakukan klarifikasi terhadap masing-masing pihak.
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik co sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik co paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus