Disdukcapil Mimika Terus Berupaya Wujudkan Data Kependudukan Yang Valid dan Multiguna

Bagikan Bagikan
Suasana Seminar Disdukcapil Kabupaten Mimika (Foto:SAPA/Jefri Manehat)


SAPA (TIMIKA) – Demi mewujudkan data kependudukan yang akurat dan multiguna, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mimika, menggelar seminar yang mengundang sertakan seluruh kepala Distrik di Kabupaten Mimika.

Seminar  dengan  tujuan  untuk meningkatkan sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Mimika dalam proses pendataan kependudukan yang lebih valid serta akurat itu dibuka oleh Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM pada Selasa (6/10/2020).

Kepala Disdukcapil Mimika, Slamet Sutedjo kepada wartawan menjelaskan bahwa seminar  tersebut beranjak dari problem yang terus terjadi di Mimika yakni permasalahan data yang tidak valid.

"Hari ini kami mengajak semua pimpinan OPD, kepala Distrik termasuk BPS, mari kita bersinergi untuk mewujudkan data yang valid dan multiguna," ujar Slamet.

Slamet mengatakan Disdukcapil mendorong semua pengurusan Adminduk mulai dari perekaman hingga cetak KTP dan Adminduk lainnya bisa dilakukan di Distrik.

"Mudah-mudahan di tahun depan setiap Distrik yang ada di wilayah kota sudah ada layanan paten Dukcapilnya, dengan begitu data akan tervalidasi sendiri secara otomatis ketika masyarakat mengurus Adminduknya, tentunya itu akan melahirkan data yang multiguna ke setiap sektor,” katanya ketika menjawab pertanyaan wartawan.

Sementara itu, Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob,S.Sos,MM dalam sambutannya mengungkapkan  problem utama dalam setiap pengambilan kebijakan adalah berawal dari kurang akuratnya data. Data kependudukan yang valid diperlukan untuk mendukung proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan agar segala kebijakan pemerintah tepat sasaran, dan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, secara khusus terkait data orang asli Papua.

"Saat ini jumlah penduduk di Kabupaten Mimika pada semester 1 tahun 2020 yang telah dirilis oleh Direktorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri berjumlah 311.211 jiwa, jumlah laki-laki (167.671) perempuan (143.450) dengan jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 89.620. Sedangkan jumlah orang Papua khususnya Amungme, Kamoro serta lima suku kerabatnya berjumlah 112.389 jiwa, dengan jumlah laki-laki (59.637) perempuan (52.752),” kata Wabup John.

Wabup John mengapresiasi Disdukcapil yang selalu memberikan pembaruan dalam pelayanan kepada masyarakat dan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk mewujudkan data kependudukan yang valid. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus