Diskominfo Mimika Perlu Pikirkan Dampak Pemasangan Videotron, Jangan Sampai Hanya Jadi Hiasan Kota

Bagikan Bagikan

Salah satu videotron yang dipasang di Timika (Dok:SAPA)

SAPA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) perlu bijak dalam memanfaatkan videotron, sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Salam Papua telah meminta beberapa tanggapan masyarakat terhadap videotron tersebut.

Menurut salah satu aktivis HMI Komisariat Mimika, Rahadian Rizky, videotron selain sebagai tabloid untuk mempromosikan program-program pemerintah, seharusnya videotron juga harus menjadi tabloid untuk menyampaikan apa yang menjadi lokalis dari Kabupaten Mimika sendiri, termasuk program- progam masyarakat asli Papua, karena pada umumnya fungsi videotron di daerah lain seperti itu. Videotron seharusnya menampilkan isu-isu lokal atau kegiatan lokal dari Kabupaten Mimika sendiri.

Rizky menilai, selama ini videotron disfungsi dan kurang tepat sasaran.

"Videotron harus menampilkan hal lain dan berbeda yang memang dibutuhkan oleh masyarakat, seperti program-program mama Papua, menampilkan budaya dan ciri khas dari Kabupaten Mimika, sehingga bisa diketahui oleh orang lain, namun saya melihat itu gagal dilakukan oleh pemerintah," kata Rizky kepada Salam Papua.

Sekarang ini kata Dia, masyarakat bisa mengakses informasi melalui media sosial dan juga Media online, tentunya sebagian besar program pemerintah juga telah diakses publik, keberadaan videotron harusnya menampilkan hal yang berbeda dari itu semua dan memang itu lokal dari daerah yang tidak pernah diketahui oleh masyarakat luas.

Rizky menambahkan, pemerintah perlu bijak dalam melihat hal ini sehingga anggaran yang digunakan untuk pembangunan videotron tidak sia-sia, dan menurutnya pemerintah melalui Diskominfo perlu mengakali atau memikirkan dampak dari videotron kepada masyarakat, sehingga videotron tidak hanya menjadi tampilan kota semata.

"Sebaiknya dimaksimalkan, karena satu saja sudah tidak tepat sasaran, apalagi kalau mau tambah. Dengan menambah videotron ini terkesan pemerintah ingin dilihat sedang membangun dan hanya ingin mempercantik kota saja, namun makna kotanya tidak terlihat," ungkapnya.

Di sisi lain, Pemuda Gereja, Azalia Bella mendukung apa yang telah direncanakan oleh Pemkab Mimika melalui Diskominfo untuk menambah 3 unit videotron.

"Saya melihat videotron sangat baik, karena videotron itu sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat yang tidak bisa mengakses informasi melalui media sosial," ungkap Bella.

Namun kata Bella, informasi yang disajikan melalui videotron harus betul-betul punya makna, sehingga masyarakat yang melihat, bisa mengetahui informasi tersebut dari kegiatan-kegiatan pemerintah dalam hal pembangunan, jangan sampai itu hanya menjadi hiasan yang tidak penting bagi masyarakat.

Menurutnya, dengan adanya videotron kegiatan yang ditampilkan, akan menjadi informasi penting bagi orang-orang pada saat berkunjung ke Kabupaten Mimika, dan ia berharap pemerintah bisa memanfaatkan videotron itu dengan baik dan isi dari videotron tersebut dapat menjelaskan apa yang menjadi upaya dari pemerintah untuk Kabupaten Mimika dalam hal pembangunan untuk diketahui bersama oleh masyarakat Mimika.

Sementara salah satu Tokoh Masyarakat dalam hal ini Kepala Lemasko, Gery Okoare berpendapat sebaiknya pemerintah membentuk atau membuat TV lokal yang bisa mengakomodir semua program atau kegiatan pemerintah.

"Jadi masyarakat bisa santai di rumah sambil menonton apa yang menjadi program pemerintah, ketika program pemerintah ditayang pada videotron masyarakat tidak akan melihat secara keseluruhan, karena masyarakat ketika berkendara hanya akan fokus pada jalan apalagi videotron ditempatkan pada lokasi pinggir jalan," ujar Gery.

Diketahui, Tahun 2020 ini Diskominfo Kabupaten Mimika akan menambah lagi 3 unit videotron dan akan selesai dikerjakan tahun ini juga dengan anggaran Rp 6 Miliar. Tiga unit Videotron tersebut akan dipasang pada tiga 3 yang berbeda, satu titik di Bandara Mozes Kilangin Sisi Selatan, satu titik dibangun di jalan Yos Sudarso-jalan Bhayangkara eks Pasar Lama dan satu titik dibangun di Kantor Distrik Kuala Kencana jalan SP3. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik org sarana slot Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik org paling best ya guys...Slot games

    BalasHapus