Distrik Kuala Kencana Mimika Gelar Pembinaan dan Penguatan Kesetaraan Gender

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mimika, Leentje Siwabessy saat memberikan materi kepada peserta PKK di Lingkungan Distrik Kuala Kencana (Foto:SAPA/Jefri Manehat)

SAPA (TIMIKA) - Dalam rangka memperkuat peran perempuan, Distrik Kuala Kencana menggelar pembinaan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Selasa (27/10/2020).

Kegiatan yang digelar di Aula Distrik Kuala Kencana jalan Poros Kuala Kencana itu bertujuan untuk  penguatan peran perempuan dan untuk memberikan sosialisasi akan pentingnya kesetaraan gender.

Dengan adanya kegiatan itu, Kepala Distrik Kuala Kencana, Septinus Timang mengharapkan kaum perempuan bisa aktif dalam mengambil bagian dalam pembangunan.

"Peran PKK sendiri di Distrik Kuala sudah berjalan dengan cukup baik, kami akan melakukan evaluasi dan berencana melakukan pembenahan PKK di tingkat kampung,  sehingga kaum perempuan juga bisa berperan aktif dalam pembangunan di Kampung," ujar Septinus.

Sementara itu, Sekretaris Umum Tim Penggerak PKK Kabupaten Mimika, Leentje Siwabesi mengatakan peran perempuan harus terus dibina. Di era modern saat ini, kesetaraan peran perempuan bukan saja sebagai ibu rumah tangga dan hanya mengurus dapur, namun harus mampu menjadi pemimpin serta turut andil dalam pembangunan, di mana itu sebagai bentuk kesetaraan gender.

Meski begitu, Kepala Dinas Perikanan itu mengatakan, sebagai perempuan setinggi apapun jabatannya, harus  menjadi ibu rumah tangga yang baik, yang harus melayani suami dan menjadi ibu yang bijak dalam membesarkan anak-anaknya.

"Saat ini kesetaraan gender sudah terlihat dalam lintas profesi maupun kegiatan pemerintahan dan politik, khususnya di Kabupaten Mimika, dimana banyak perempuan yang jadi pemimpin, dan menurut saya itu adalah sebuah bukti dalam kesetaraan," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya pembinaan tersebut, kaum perempuan yang ada di Distrik Kuala bisa ambil bagian penting dalam pembangunan. (Jefri Manehat)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Posting Komentar